Zat Sianida yang Mematikan Ternyata Dijual Bebas Secara Online, Harganya Cuma Rp40 Ribu | Keepo.me

keepo.me | Nasional | Published at 05/05/2021 09:00
Zat Sianida yang Mematikan Ternyata Dijual Bebas Secara Online, Harganya Cuma Rp40 Ribu | Keepo.me

Berita tewasnya seorang anak ojek online yang memakan sate beracun menggemparkan publik. Apalagi, setelah terungkap sate beracun tersebut mengandung zat sianida yang sengaja ditaburkan oleh seorang perempuan berinisial NA.

www.indozone.id

Setelah ditelusuri kepolisian, tersangka NA ternyata membeli zat beracun tersebut lewat aplikasi belanja online Shopee.

"Ini dipesan melalui aplikasi online kemudian dia dicampurkan di dalam bumbu sate," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Burkan Rudy Satria.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi juga membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan bahwa NA membeli kalium sianida sebanyak 250 gram akhir Maret 2021 lalu dengan harga Rp200 ribu saja.

Fakta baru tersebut semakin menciptakan kegemparan . Publik bertanya-tanya, mengapa zat beracun seperti itu bisa dijual secara bebas di aplikasi belanja online. Bahkan, mengutip dari penelusuran Indozone, ada beberapa toko di aplikasi online yang menjual sianida 200 gram seharga Rp40 ribu saja.

www.indozone.id
twitter.com

Akun Twitter @txtdarionlshop pun turut membahas masalah ini dan menandai akun resmi Kementerian terkait untuk meminta penjelasan.

"Beli sianida apakah semudah itu mendapat zat se-berbahaya ini? Regulasinya gimana? @Kemenperin_RI @Kemendag @ShopeeCare @ShopeeID," tulisnya.

"Ga Cuma Shopee, Tokopedia dan Bukalapak juga ada yang jual sianida. Kayaknya perlu deh aturan khusus dalam jual beli bahan kimia ini secara online. Gimana menurut kalian?" lanjutnya di komentar.

twitter.com
twitter.com

Utas yang diunggah pada Senin (3/5) itu pun mengundang beragam reaksi warganet. Banyak warganet turut menyayangkan beberapa aplikasi online yang membiarkan bahan kimia tersebut dijual secara bebas. Namun, ada juga warganet yang mengatakan bahwa sianida bisa digunakan sebagai pupuk, sehingga wajar jika bisa dijual bebas.

"How could??!!! Gilak sih bisa2nya sianida didapetin segini gampangnya," komentar @nabillahalyaa

"Haduh ngeri banget anjir, abis ini kl dikasih makanan sm stranger jgn mau ih, meskipun temen jg harus dicek bener2," timpal @awnggita.

"Emg peraturannya gabole jual zat kimia berbahaya di shopee kak. Cuma seller tu suka manipulasi gituu jualan apa tapi gambarnya apa atau namanya apa atau deskripsinya apa, tujuannya ya biar ga kedetect dan bisa tetap jualan," komentar @dombatersesaat.

"Modus pake sianida makin banyak semenjak org tau ni racun bisa bunuh org seketika, ya klo ga tangani serius dan barang mudah didapat, ya ga bakal lama lagi ada kejadian yg sama," tulis @Mizar__

"Tapi kan itu aslinya buat pupuk. Sama kaya piso aja sih. Aslinya buat motong makanan, tapi kalo dipegang sama orang jahat beda lagi ceritanya," timpal @onlyeantpeace.

Beli sianida di Shopee, apakah semudah itu mendapat zat se-berbahaya ini? regulasinya gimana? @Kemenperin_RI @Kemendag @ShopeeCare @ShopeeID pic.twitter.com/bAWrk4f01U

xe2x80x94 txt dari online shop (@txtdarionlshop) May 3, 2021

Waduh, ngeri ya? Ternyata kejadian ini membawa banyak sekali pelajaran. Mulai dari bagaimana mengelola sakit hati, mengontrol emosi agar tak berbuat jahat, hingga upaya mencegah diri dari kemungkinan dicelakai orang lain.

'
Artikel Asli