50 Kata-kata Ucapan Selamat Idul Fitri 1442 H, Penuh Makna

brilio.net | Nasional | Published at 05/05/2021 08:53
50 Kata-kata Ucapan Selamat Idul Fitri 1442 H, Penuh Makna

Brilio.net - Idul Fitri 1442 H sudah semakin dekat. Seluruh umat Islam di dunia pasti sedang mempersiapkan diri untuk menyambut hari kemenangan tersebut. Dari mulai mempersiapkan baju untuk dipakai beribadah sholat Idul Fitri, mempersiapkan kue-kue untuk dikonsumsi sendiri atau pun diberikan kepada kerabat, dan lain sebagainya.

Selain berkunjung ke rumah saudara atau kerabat dekat, salah satu tradisi di Hari Raya Idul Fitri yakni dengan memberi ucapan Hari Raya kepada orang-orang terdekat. Di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat belum bisa leluasa berkunjung dari rumah ke rumah untuk berjabat tangan dan memberikan ucapan selamat kepada orang yang dikunjunginya.

Oleh karena itu, seseorang bisa menggantinya dengan saling bertukar ucapan lewat pesan singkat yang dikirim melalui WhatsApp, SMS atau pun telepon. Melalui ucapan tersebut, seseorang juga bisa menyampaikan maaf atas segala kesalahan, sekaligus menyampaikan suka cita atas momen hari kemenangan. Dari kebiasaan saling bertukar ucapan selamat, tali silaturahmi antar sesama muslim pun dapat terjalin dengan baik dan harmonis.

Namun, tak dapat dipungkiri sering kali orang merasa bingung dan tidak terbiasa merangkai kalimat ucapan untuk orang-orang terdekatnya. Hal ini dikarenakan kalimat yang tak tersusun rapi sering kali membuat orang sulit untuk mengartikannya.

Nggak perlu bingung, yuk simak 50 kata-kata ucapan selamat Idul Fitri 1442 H, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (5/5).

1. "Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidzin walfaizin."

2. "Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin."

3. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

4. "Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadhan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

5. "Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin."

6. "Aku memang bukan matahari yang bisa membuatmu membedakan siang dan malam. Tapi setidaknya cahaya kecilku ini bisa berarti di hari raya ini. Minal aidzin walfaidzin."

7. "Kalbu tak pernah memberhala atau menghantui dan dari sanalah maaf berada secara asli. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin."

8. "Senang memaafkan dengan sesadar-sadarnya. Sadar pula kita sering berbuat khilaf. Selamat hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon untuk kita saling memaafkan. Barakallah."

9. "Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan selamat lebaran 1442 H."

10. "Ramadhan telah berlalu namun kerinduan kepadanya tak juga hilang. Ya Rabb pertemukanlah kami kembali dengannnya. Selamat Idul Fitri 1442 H."

11. "Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Di hari Fitri ini Mohon maaf lahir serta batin."

12. "Kata-kata seindah dzikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1442 H."

13. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

14. "Inilah hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat Hari Raya Idul Fitri."

15. "Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap. Hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci. Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

16. "Takbir telah berkumandang memecah keheningan malam, mengantarkan rasa syukur kepada-Nya. Esok kita akan menyambut hari kemenangan, hari yang fitri, taqabalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin."

17. "Dalam setiap kebersamaan yang penuh senyum dan tawa. Dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa. Semoga Allah selalu memberkahimu. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

18. "Bulan Syawal yang indah dan suci akan segera tiba. Tidak ada kata yang bisa diucapkan untuk menyambutnya, kecuali sebuah permohonan maaf dan sebuah doa agar kita semua senantiasa dijaga kesehatannya. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin."

19. "Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin."

20. "Berharap malam segera tiba, berganti pagi penuh doa, menyambut lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga."

21. "Sifat sejatinya adalah untuk mengkhotbahkan Allah dan syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang nafas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat Idul Fitri 1442 H."

22. "Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang Fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

23. "Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idul Fitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir dan batin."

24. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Minal aidzin walfaizin."

25. "Seiring surya berseri indah di pagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."

Kata-kata ucapan selamat Idul Fitri menyentuh hati.

foto: freepik.com

26. "Apabila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir batin, selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

27. "Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran. Setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin."

28. "Lapar, haus, dan nafsu telah ditahan selama sebulan. Kini telah datang hari kemenangan. Barang siapa yang mampu menahan diri, maka dialah yang akan kembali suci. Dan dengan datangnya hari ini, saya dan keluarga ingin memohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

29. "Masih ada salah yang tersirat, terucap, dan terlakukan. Di hari yang penuh kesucian ini, mohonlah dimaafkan. Karena sesungguhnya tiada manusia yang tak luput dari salah dan tiada manusia yang sempurna. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

30. "Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

31. "Hari ini waktunya berbahagia, waktu untuk bersama, waktu untuk mengingat berkah. Selamat hari raya, semoga Allah memberkahimu."

32. "Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Amin. Selamat Idul Fitri 1442 H."

33. "Kata-kata bisa dibiarkan tak terucapkan, perasaan bisa dibiarkan tak terekspresikan, tapi orang seperti kamu tidak bisa dilupakan pada hari ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

34. "Lebih dari sekadar harapan Idul Fitri, lebih dari sekadar pesan juga, karena ini disertai dengan pikiran hangat dan penuh kasih yang dimaksudkan untukmu, selamat Hari Raya Idul Fitri ya!."

35. "Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran, setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian."

36. "Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadhan di tahun depan. Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

37. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

38. "Mawar indah harum mewangi, aromanya menyentuh nurani, pesan Ini sebagai pengganti diri, selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

39. "Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semoga di hari yang fitri ini kita mampu kembali ke jati diri insani menjadi pribadi-pribadi yang kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun mampu menebar damai dan saling berbagi."

40. "Kalbu tak pernah memberhala atau menghantui dan dari sanalah maaf berada secara asli. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin."

41. "Karena keagungan-Mu jua, tercurah hidayah-Mu kepada umma-Mu yang sungguh-sungguh menjalankan ibadah untuk meraih kemenangan Ramadhan suci."

42. "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H. Mohon maaf lahir dan batin."

43. "Di hari yang fitri ini, mari saling memaafkan setulus hati. Di hari yang fitri ini, semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H."

44. "Dalam beningnya hati ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kesalahan. Selamat lebaran Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

45. Ucapan yang paling baik adalah "Allah", lagu yang paling indah adalah "Adzan", referensi yang paling lengkap adalah " Alquran", senam yang paling sehat adalah "Sholat", diet yang paling bagus adalah "Puasa", kebersihan yang menyegarkan adalah "Wudhu", perbuatan yang paling mulia adalah "Memaafkan". Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin."

46. "Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, seperti itu suasana hati. Berharap selamanya seperti ini dengan pribadi positif sepanjang hari. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin."

47. "Aku hanyalah manusia yang berlumur dosa, kamu pun sama. Ku harap di hari yang suci ini kita tak saling membenci namun saling mengasihi. Selamat Idul Fitri 1442 H, semoga selalu diberkahi oleh-Nya."

48. "Meski tak dapat bertatap muka, izinkan aku menulis beberapa kata pelukis rasa. Semoga kau diselimuti bahagia sebab Hari Raya tlah tiba. Mohon maaf lahir dan batin ya."

49. "Walau tangan belum bisa berjabat, mata tak bisa saling tatap, ku harap kita bisa tetap saling memaafkan satu sama lain di hari yang suci ini. Mohon maaf atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak. Selamat Idul Fitri 1442 H, semoga keluarga selalu dalam lindungan-Nya."

50. "Kawan, aku tak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin."

RECOMMENDED

Jadi mualaf, 7 seleb Bollywood ini jalani ibadah puasa Ramadan 2021

10 Meme lucu 'hantu cuti' saat Ramadan, bikin cekikikan sampai imsak

10 Potret lucu parsel Lebaran tak biasa ini bikin geleng kepala

25 Resep masakan lebaran, enak, mudah dibuat dan bikin nagih

15 Resep menu Lebaran tanpa santan enak, nikmat dan lezat

Artikel Asli