Alquran Kisahkan Keterlibatan Malaikat dalam Perang Badar

republika | Nasional | Published at 05/05/2021 04:10
Alquran Kisahkan Keterlibatan Malaikat dalam Perang Badar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Perang Badar menjadi peristiwa besar yang akan selalu membuat takjub siapapun saat mendengar ceritanya. Sebuah momen di luar logika, karena jumlah dan kemampuan tempur dua belah pihak sangat berbeda jauh. Sehingga orang-orang di masa itu akan berpikir kaum Muslim dengan pasukan dan alat yang terbatas, pasti akan kalah telak.

Namun yang terjadi adalah kemenangan di pihak Muslim dengan segala kekurangannya. Peristiwa yang mungkin hanya bisa dilihat di cerita-cerita fiksi para superhero.

Ternyata kemenangan Kaum Muslim saat itu dijelaskan Alquran dibantu Allah SWT dengan kuasa-Nya. Dilansir dari Alukah, Dr Amin Adhamiri mengatakan kaum Muslim dibantu dengan kekuatan para malaikat. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Anfal ayat 12:

إِذْ يُوحِى رَبُّكَ إِلَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ أَنِّى مَعَكُمْ فَثَبِّتُوا۟ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ۚ سَأُلْقِى فِى قُلُوبِ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱلرُّعْبَ فَٱضْرِبُوا۟ فَوْقَ ٱلْأَعْنَاقِ وَٱضْرِبُوا۟ مِنْهُمْ كُلَّ بَنَانٍ

"(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman". Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka."

Dr Amin Adhamiri mengatakan ayat ini menjelaskan, Allah SWT secara khusus mewahyukan kepada para malaikat untuk membantu umat Islam, meneguhkan keimanan Muslim, bantuan Allah SWT dalam menebar ketakutan kepada musuh hingga perintah Allah langsung kepada Malaikat untuk membantu mengalahkan orang kafir dalam peperangan itu.

Dari ayat di atas juga dapat disimpulkan, kemenangan umat Islam juga dikatakan Adhamiri terjadi karena tiga hal. Pertama karena bantuan zat yang Mahaperkasa, yakni Allah SWT, bantuan malaikat atas perintah-Nya dan kuatnya keimanan umat Islam saat itu kepada Allah SWT.

Dalam Tafsir As Sa'di juga dijelaskan bahwa ayat ini bisa ditujukan kepada para malaikat dan bisa ditujukan kepada kaum mukmin. Jika ditujukan kepada para malaikat, maka hal ini menunjukkan bahwa para malaikat ikut terjun dalam Perang Badar, dan jika ditujukan kepada kaum mukmin, maka berarti Allah SWT mendorong mereka dan mengajari mereka bagaimana mereka membunuh kaum musyrik. Dan bahwa mereka tidak perlu mengasihani orang-orang musyrik karena mereka telah menentang Allah dan Rasul-Nya.

Artikel Asli