Ketua KPK Firli Bahuri: Mereka Selalu Memainkan Drama Playing Victim

beritasatu | Nasional | Published at 05/05/2021 01:02
Ketua KPK Firli Bahuri: Mereka Selalu Memainkan Drama <i>Playing Victim</i>

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan bahwa pihak yang mendahului pengumuman resmi hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK sebagai “mereka yang selalu memainkan drama playing victim ”.

Firli juga memberikan penilaian “tidak beretika” kepada mereka yang mendahului pengumuman resmi lembaga.

“Kita tidak boleh kalah dengan mereka-mereka yang tidak beretika, mendahului pengumuman resmi lembaga. Saya sangat tahu permainan mereka, mereka selalu memainkan drama playing victim ,” ungkap Firli dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com , Selasa (4/5/2021) malam.

Seperti diberitakan, sebanyak 1.349 pegawai KPK mengikuti TWK dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes tersebut sebagai syarat peralihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) sebagaimana diatur melalui Peraturan Komisi (Perkom) 1/2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Hasil tes sudah diterima KPK pada 27 April 2021. Namun, belum sempat KPK mengumumkannya muncullah kabar pada Selasa (4/5/2021) bahwa puluhan pegawai KPK tidak lulus tes. Salah satu nama yang disebut-sebut adalah penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Novel Baswedan pun menyatakan bahwa dirinya sudah mendengar kabar bakal tak lolos asesmen TWK.

"Iya benar, saya dengar informasi tersebut," kata Novel Beswedan saat dikonfirmasi awak media, Selasa (4/5/2021).

Terkait kabar tidak lulusnya sejumlah nama dalam tes wawasan kebangsaan, Indonesia Corruption Watch (ICW) bahkan menuding TWK telah dirancang sejak awal untuk tidak meloloskan Novel Baswedan Cs masuk dan bekerja di KPK.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Sekjen KPK Cahya Harefa menyatakan hasil tes sejauh ini masih tersegel dan belum diumumkan, bahkan di internal KPK.

Menurut Firli, pihaknya akan membuka hasil tes pada hari ini, Rabu (5/5/2021).

Artikel Asli