6 Resep kue berbahan kuning telur, enak dan praktis

brilio.net | Nasional | Published at 05/05/2021 01:00
6 Resep kue berbahan kuning telur, enak dan praktis

Brilio.net - Telur adalah satu bahan yang sering digunakan untuk campuran masakan. Misalnya untuk membuat kue, telur adalah salah satu komponen penting. Namun, saat membuat kue, telur hanya digunakan pada bagian putihnya saja. Sehingga bagian kuning tidak terlalu digunakan dan hanya menjadi sisa.

Kuning telur memang dikenal sebagai bagian yang paling berlemak. Tapi nggak bisa dipungkiri jika kuning telur adalah bagian yang paling nikmat dan memiliki banyak penggemar. Jika kamu memiliki sisa kuning telur yang nggak dimakan, jangan lantas dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi beberapa olahan.

Penasaran olahan kuning telur apa saja yang bisa kamu bikin? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/5), 7 resep olahan kuning telur ala rumahan.

1. Creme brulee.

foto: Instagram/@lenanurtj

Bahan:- 6 buah kuning telur- 100 gr gula pasir- 1 sdt vanila ekstrak- 500 gr whipping cream

Bahan taburan:- 1 sdt gula pasir di setiap cup

Cara membuat:1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan 150 derajat.2. Kocok kuning telur bersama gula dan vanila ekstrak sampai sedikit berbusa.3. Panaskan whipping cream, jangan sampai mendidih.4. Tuang whipping cream yang telah dipanaskan ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan, sampai tercampur semua.5. Tuang adonan ke dalam mangkuk.6. Panggang menggunakan teknik waterbath dengan cara menaruh mangkuk ke dalam loyang yang lebih besar, lalu loyang tersebut diisi air kira-kira setinggi 1cm.7. Panggang pada suhu 150 derajat selama 35 menit atau sesuaikan oven sendiri.8. Setelah matang keluarkan, lalu biarkan sampai dengan suhu ruang.9. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas minimal 4 jam atau semalaman.10.Keesokan harinya diberi taburan gula di atasnya dan di bakar menggunakan torch.11. Lalu masukkan lagi ke dalam kulkas selama 2 jam.12. Siap disajikan.

2. Bolu kuning telur.

foto: Instagram/@vitakwee

Bahan:- 10 buah kuning telur- 1 butir telur utuh- 100 gr gula- 100 gr tepung- 30 gr susu bubuk- 125 gr butter dicairkan

Cara membuat:1. Mixer telur dan gula sampai mengembang dan kental kurang lebih 15 menit.2. Aduk tepung dan susu bubuk sambil diayak.3. Aduk balik butter.4. Masukkan pada loyang.5. Panggang selama 30 menit api atas bawah dengan suhu 180 derajat.6. Jika sudah matang, siap disajikan.

3. Lapis Surabaya.

foto: Instagram/@luailiyatuzzahro

Bahan untuk lapisan kuningBahan A:- 15 butir kuning telur- 110 gr gula halus- 1 sdt SP- 1 sdt vanilla extract

Bahan B (campur dan ayak semua bahan):- 50 gr tepung protein rendah- 10 gr tepung maizena- 15 gr susu bubuk

Bahan C:- 150 gr butter- 2 sdm suus kental manis

Cara membuat:1. Mixer bahan C sampai rata dan lembut, sisihkan.2. Mixer bahan A (kuning telur dan gula halus) dengan speed sedang sampai gula larut, tambahkan vanilla extract dan SP, lalu mixer kembali speed tinggi sampai benar-benar terasa kental pucat mengembang.3. Masukkan semua bahan B ke wadah bahan A, aduk balik hingga rata (jangan over mix, bisa bantat).4. Kemudian tuang adonan ke wadah bahan C. Aduk sampai rata.5. Tuang ke loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi baking paper di sekeliling loyang.6. Oven dengan suhu 185°C selama 10 menit kemudian naikkan menjadi 195°C selama 10 menit lagi.

Bahan lapisan untuk cokelatBahan A:- 15 butir kuning telur- 125 gr gula halus- 1 sdt SP

Bahan B (campur dan ayak):- 40 gr tepung protein rendah- 10 gr tepung maizena- 10 gr susu bubuk- 20 gr bubuk cokelat

Bahan C:- 175 gr butter- 2 sdm SKM- 1/4 sdt pasta cokelat

Cara membuat sama dengan bahan lapisan kuning:1. Setelah matang, tunggu kuenya sedikit berjarak dari loyang kemudian dibalikkan dan dinginkan. Olesi tipis saja salah satu permukaan dengan filling selai stroberi, cokelat, nanas atau sesuai selera kemudian tumpuk menjadi satu.2, Rapikan sisinya dan potong sesuai selera.3. Siap disajikan.

4. Canele.

foto: Instagram/@irwinlin

Bahan:- 80 gr kuning telur- 500 gr susu full cream- 45 gr butter- 1 sdt vanilla essence- 120 gr tepung all purpose- 30 gr tepung maizena- 200 gr gula pasir- 40 gr rum

Cara membuat:1. Panaskan susu, butter dan vanilla bean. Panaskan susu jangan sampai mendidih.2. Aduk kuning telur. Tuang susu yang sudah dipanaskan di telur secara perlahan sambil terus diaduk.3. Siapkan campuran tepung all purpose, maizena dan gula. Tuang campuran kuning telur tadi ke tepung sambil terus diaduk.4. Saring adonan dan tuang di wadah. Simpan adonan di chiller selama minimal 12 jam.5. Siapkan cetakan silikon. Aduk perlahan adonan yang sudah didiamkan di chiller dan tuang di cetakan.6. Oven di suhu 230C selama 25 menit dan 190C 30 menit.7. Angkat, istirahatkan sebentar dan siap disajikan dan tambahkan topping sesuai selera.

5. Salted egg yolk cookies.

foto: Instagram/@vivianbasirun

Bahan A (campur menjadi satu dan diayak):- 6 butir kuning telur asin (kukus 15 sampai matang, haluskan)- 500 gr tepung kunci biru- 40 gr maizena- 2 sdm susu bubuk- 1/2 sdt baking powder

Bahan B:- 340 gr mentega- 160 gr gula halus

Cara membuat:1. Mixer sampai asal rata, lalu masukkan telur asin dan mixer sebentar sampai rata. Matikan mixer.2. Masukkan bahan tepung, aduk dengan spatula sampai rata dan tercampur semua.3. Gilas dan cetak adonan dengan cookies cutter sesuai selera. Oles dengan bahan olesan (2 kuning telur dan 2 sdt minyak sayur) lalu tabur wijen hitam.4. Panggang dengan suhu 150 derajat sampai matang dan kering.5. Siap disajikan.

6. Lidah kucing.

foto: Instagram/@ina_robina

Bahan:- 200 gr butter- 150 margarin- 2 kuning telur- 1 putih telur- 200 gr kunci biru- 2 sdm maizena- 225 gr gula halus- Vanili secukupnya

Cara membuat:1. Oles loyang tipis-tipis dengan margarin.2. Mixer gula halus, butter, hingga lembut tambahkan kuning telur, aduk rata.3. Di wadah lain, kocok putih telur hingga putih dan kaku.4. Lalu masukkan maizena, vanili, tepung terigu sedikit demi sedikit, kemudian putih telur yang sudah dikocok tadi ke adonan butter lalu aduk-aduk balik dengan spatula hingga rata.5. Masukkan adonan ke plastik cetakan, semprotkan ke loyang.6. Panaskan oven sebentar, lalu oven dengan api sedang, pindah-pindah posisi atas atau bawah agar matang merata.7. Siap disajikan.

RECOMMENDED

10 Resep kue Lebaran berbahan kurma manis, nikmat dan lezat

Sering dikira sama, ini bedanya baking soda dan baking powder

10 Resep bolu untuk camilan buka puasa, mudah dan nikmat

6 Resep kue balok hits, cocok untuk menu buka puasa Ramadhan

6 Resep kue ape khas Betawi yang lezat, cocok untuk snack buka puasa

Artikel Asli