Hari Ini KPK Buka Hasil Tes Wawasan Kebangsaan Pegawainya

beritasatu | Nasional | Published at 05/05/2021 00:38
Hari Ini KPK Buka Hasil Tes Wawasan Kebangsaan Pegawainya

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan bahwa pihaknya hari ini, atau Rabu (5/5/2021), akan membuka hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) yang diikuti pegawainya.

“Rencana besok kita akan buka hasil TWK dan KPK pasti umumkan ke publik,” kata Firli Bahuri melalui pesan tertulis, Selasa (4/5/2021) malam.

Sebelumnya, baik Firli Bahuri maupun Sekretaris Jenderal Sekjen KPK Cahya Harefa menyatakan bahwa hasil tes asesmen TWK dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah diterima KPK pada 27 April 2021 lalu.

Cahya menyatakkan, hasil tes sejauh ini masih tersegel dan belum diumumkan, bahkan di internal KPK.

"Saat ini hasil penilaian asesmen TWK tersebut masih tersegel dan disimpan aman di gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK," kata Cahya dalam keterangannya, Selasa (4/5/2021).

Hal senada diungkapkan Firli. “Jadi sampai sekarang hasil tes wawasan kebangsaan itu belum dibuka dan masih disegel, di lemari besi,” katanya.

Jawaban Firli tersebut sekaligus menepis anggapan bahwa pimpinan KPK sengaja menunda mengumumkan hasil tes karena adanya kepentingan untuk menyingkirkan sejumlah pegawainya.

Soal pengumuman hasil tes wawasan kebangsaan menjadi perhatian publik karena muncul kabar bahwa puluhan pegawai KPK tidak lulus tes. Salah saunya adalah penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Beberapa nama lainnya yag disebut tak lulus, antara lain, Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo, Direktur Soskam Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono, dan Deputi Bidang Korupsi KPK Hery Muryanto.

Namun kabar itu dibantah Cahya karena pihaknya belum membuka hasil tes.

Artikel Asli