Beberapa Jam Jelang Ditutup, 16.241 Pelaku Usaha Sudah Daftar Bantuan BPUM

Nasional | radartegal | Published at Kamis, 22 April 2021 - 13:15
Beberapa Jam Jelang Ditutup, 16.241 Pelaku Usaha Sudah Daftar Bantuan BPUM

Beberapa jam jelang ditutup, sudah belasan ribu pelaku usaha mendaftar program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Kabupaten Brebes. Dari data Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkpumdag) Kabupaten Brebes hingga pukul 08.45 WIB sudah ada 16.241 pelaku usaha yang mendaftar secara online.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro Dinkopumdag Kabupaten Brebes Nani Nuryati mengatakan, program BPUM di kota bawang merah sendiri dibuka sejak, Selasa (13/4) lalu hingga, Kamis (22/4) pukul 15.00 WIB nanti.

“Untuk pendaftaran bisa dilakukan di link yang sudah ada. Dan saat ini hingga pukul 08.45 WIB jumlah pendaftarnya sudah mencapai 16.241 orang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk persyaratan pendaftaran sama seperti pendaftaran pada BPUM tahap pertama beberapa waktu lalu. Yakni, memiliki usaha mikro dengan dibuktikan surat ijin usaha mikro dari desa atau kelurahan, tidak sedang dalam pinjaman atau hutang (KUR) dan diprioritaskan bagi pelaku usaha yang belum mendapatkan BPUM 2020 lalu.

“Untuk jumlah besarannya sendiri memang ada penuruanan. Dari sebelumnya RP2,4 juta per penrima, tahun ini hanya setengahnya atau Rp1,2 juta per penerima,” ujarnya.

“Dan selam pedaftaran hanya dibuka secara online. Kami (Dinkopumdag) hanya sebatas lembaa pengusul adapun penentu yang lolos sebagai penerima BPUM 2021 merupakan wewenang tim Pokja Pusat (Kemenkeu, Kemenkop, BI dan OJK),” pungkasnya. (ded/zul)

Artikel Asli