Direktur PUDAM Sendang Kamulyan: Tarif Air di Kawasan Industri Bisa untuk Subsidi Silang Masyarakat

Nasional | ayosemarang | Published at Kamis, 22 April 2021 - 13:16
Direktur PUDAM Sendang Kamulyan: Tarif Air di Kawasan Industri Bisa untuk Subsidi Silang Masyarakat

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Kabupaten Batang memastikan pasokan air bersih ke Kawasan Industri (KI) Batang Industrial Park (BIP) yang berada di Sigayung, Kecamatan Tulis akan dikelola oleh pihaknya.

Direktur Utama PUDAM Sendang Kamulyan, Yulianto mengatakan suplai air bersih di kawasan industri,  tarif yang akan digunakan ialah tarif industri yang nantinya bisa untuk subsidi silang masyarakat.

“Harapan tarif ini dapat untuk mensubsidi atau subsidi silang masyarakat,” kata Yulianto, saat ditemui di kantornya Kamis 22 April 2021.

Ia pun mengatakan sudah ada permintaan suplai air bersih dari PT Intiland Development Tbk selaku konsorsium KI BIP untuk memasok air bersih 100 liter per detik.

AYO BACA : Siap-Siap, Ribuan Lowongan Kerja Bakal Dibuka di Kawasan Industri Terpadu Batang

“Kami diminta menyiapkan pasokan air bersih sebanyak 100 liter per detik untuk mencukupi kebutuhan perusahaan yang akan berdiri di KI BIP,” kaya Yulianto.

Ia mengatakan, untuk skedul (jadwal) penggunaan atau penyerapan air itu sendiri dilakukan secara bertahap.

“Nah, 100 liter per detik itu akan terserap selama berapa tahun, bergantung dari minat investornya akan bangun pabriknya kapan,” katanya.

Adapun, kata dia, saat ini pihaknya telah mampu menyelesaikan infrastruktur penunjang untuk penyediaan jaringan air bersih di KI BIP pada tahap pertama.

AYO BACA : Jokowi: Mei 2021, Groudbreaking Industri Kaca Terbesar Asia Tenggara di KIT Batang

“PUDAM Sendang Kamulyan sudah menyiapkan infrastruktur sampai ke lokasi. Dimana nantinya sumber air kita ambilkan dari pipa existing PUDAM,” katanya.

Ia mengatakan, pada bulan Mei 2021, PUDAM Sendang Kamulyan harus sudah menyiapkan pasokan air untuk kebutuhan pembangunan di KI BIP.

“Ya, bulan Mei pasokan air sudah harus ada, karena pembangunan pabrik sudah akan dimulai, dan tahun 2022 ditargetkan sudah mulai beroperasi. Adapun pabrik pertama yang akan dibangun adalah Nestle,” bebernya.

Ia pun memastikan PUDAM Sendang Kamulyan mampu memenuhi kebutuhan air di KI BIP.

“Kami memiliki banyak sumber air, di mana kapasitas produksi kami saat ini sekitar 700 liter per detik, dengan jumlah pelanggan mencapai 52 ribu. Kami pun senantiasa setiap tahun menambah kapasitas, supaya imbang antara permintaan pelanggan dengan produksi,” tandasnya.

AYO BACA : Ganjar Pranowo Dampingi Jokowi Cek Pembangunan Kawasan Industri Batang

Artikel Asli