KRI Nanggala 402 Hilang Kontak, DPR Minta Menhan dan Panglima TNI Bertemu Presiden

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:38
KRI Nanggala 402 Hilang Kontak, DPR Minta Menhan dan Panglima TNI Bertemu Presiden

JAKARTA, iNews.id - Kapal Selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut hilang kontak di Perairan Utara Bali dan mengangkut 53 awak kapal. Proses pencarian masih berlangsung.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Utut Adianto meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"DPR ingin melihat TNI yang kuat, jadi saudara Menhan, Panglima TNI dan para kepala staf hendaknya duduk bareng dengan Menkeu dan tentu Bapak Presiden untuk merumuskan kita mau apa," kata Ketua Fraksi PDIP, Kamis (22/4/2021).

Utut menilai insiden ini menjadi peringatan bagi alat pertahanan atau alutsista kita untuk dilakukan peremajaan. Dia menyebut ini sinyal bagi alutsista yang dimiliki TNI.

"Kita tidak inign melihat ini kembali terjadi, kita tahu baik angkatan laut maupun angkatan udara kita misalnya alutsista kita sudah pada tua dan rusak," kata Utut.

Lebih lanjut Utut mengatakan, kejadian tenggelamnya kapal Selam bukan hanya membuat sedih bangsa Indonesia tapi, pilu bagi di keluarga awak kapal.

"Mudah mudahan ini yang terakhir yang terjadi mudah-mudahan menjawab bukan hanya dengan doa, bukan hanya dengan pengharapan tapi dengan langkah konkret dengan rasionalitas yang terbangun berapa anggaran kita yang tersedia," kata mantan Pecatur Dunia itu.

Artikel Asli