Disdik DKI Gelar Lomba Azan untuk Siswa SD, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Nasional | ayojakarta | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:36
Disdik DKI Gelar Lomba Azan untuk Siswa SD, Ini Syarat dan Ketentuannya!

TEBET, AYOJAKARTA -- Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengadakan Lomba Azan dan Lomba MTQ Online dalam rangka Ramadan Ceria Tahun 2021 mulai 19-26 April.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta Heni Nurhayani mengatakan, lomba ini bertujuan memberikan motivasi dan apresiasi kepada peserta didik yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dan adzan.

"Lomba Adzan dan MTQ Online ini dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat," ujarnya dalam keterangannya, Kamis 22 April 2021.

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19, lomba-lomba ini sekaligus dapat mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dan pelaksanaan ibadah.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan peserta didik," jelasnya.

Heni menjelaskan, untuk Ketentuan lomba azan yakni, peserta lomba adalah peserta didik kelas 4 dan 5 SD/Paket A yaitu lomba berbentuk video diambil dalam landscape dikirimkan ke Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) wilayah masing-masing.

Syaratnya yaitu video tidak diedit, gambar dan suara jernih, menghadap kamera, awal azan nampak penuh satu badan, dan dimulai azan nampak setengah badan atas. Lomba dilakukan dalam dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Video azan bisa dikirimkan ke tautan bit.ly/seleksiAdzanDKI2021 paling lambat 21 April 2021. Lomba azan nantinya akan dinilai berdasarkan makhroji/tajwid, irama/lagu, penjiwaan, adab/pakaian.

Heni menambahkan, untuk ketentuan Lomba MTQ Online terbuka bagi SMP/Paket B Negeri/Swasta (kelas VII dan VIII) dan SMA/SMK N/S (kelas X dan XI) dan PKBM N/S Paket C, tiap sekolah maksimal satu putra dan satu putri, dan membawakan QS. Al-Baqarah Ayat 183 sampai dengan 186

Selanjutnya, durasi video maksimal lima menit, audio dan video murni, tanpa edit, tanpa efek, identitas file dengab format asal sekolah_kategori_nama peserta, dan pakaian seragam muslim sekolah masing-masing

"Peserta dapat mengunggah video ke tautan bit.ly/mtqsmppaketBdisdik (SMP/Paket B), dan bit.ly/mtqdikmendisdik (jenjang SMA/SMK/PKBM Paket C). Penilaian Lomba MTQ Online mencakup fasohah, tajwid, lagu dan adab," ujarnya.

Untuk diketahui, para juara lomba setiap kategori akan diumumkan pada 6 Mei 2021 secara online melalui website disdik.jakarta.go.id dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa piala dan sertifikat.

Artikel Asli