Tak Disangka, Perwira Muda Gagah Kopassus Ini Cucu dari Jenderal Pahlawan Revolusi

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:14
Tak Disangka, Perwira Muda Gagah Kopassus Ini Cucu dari Jenderal Pahlawan Revolusi

JAKARTA- Sosoknya tegap. Gagah. Saat ini ia berdinas di kesatuan elit yang disegani di TNI. Pangkatnya, sudah Kapten. Usianya masih muda, sekitaran 30-an.

Siapa perwira muda ini? Dia adalah Kapten Inf Jeremiah Sesa Mangaradja Panjaitan. Saat ini, perwira muda kelahiran Jakarta pada 23 November 1986 ini sedang berdinas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus), satuan pasukan elit di TNI AD.

Jabatannya pun di Kopassus, cukup mentereng, sedang dipercaya sebagai Dantim-3/2/11 Grup-1/Para Komando/Kopassus. Hal menarik dari perwira muda Kopassus ini adalah latar belakang keluarganya. Sang ayah, juga seorang tentara. Kini, sang ayah telah purnawirawan dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga atau Letjen.

Sang ayah juga, sama-sama pernah berdinas di Kopassus. Sang ayah bernama, Hotmangaradja M.P. Pandjaitan, jenderal purnawirawan bintang tiga Baret Merah yang pernah menjadi Komandan Grup 3 Sandhi Yudha/Kopassus.

Dan fakta menarik lainnya dari perwira muda lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2008 ini, adalah tentang kakeknya. Kakeknya ternyata salah satu pahlawan revolusi.

Sang kakek bernama Donald Isaac Pandjaitan atau lebih dikenal dengan Mayjen (Anumerta) DI Pandjaitan, salah satu dari tujuh perwira angkatan darat yang dinobatkan sebagai Pahlawan Revolusi. Darah militernya, tak hanya diturunkan dari sang ayah, tapi juga dari kakeknya.

Kapten Inf Jeremiah sendiri masuk Kopassus setelah menamatkan Pendidikan Komando Angkatan 100 di Pantai Permisan, Cilacap. Sebelum masuk Kopassus, ia sempat berdinas di Kostrad. Di pasukan pemukul terbesar TNI ini, Jeremiah pernah menduduki beberapa posisi antara lain sebagai Pama Divif-1/Kostrad, Pama Brigif Linud-17/1 Kostrad, Danton-1/A Yonif Linud-328/17/1 Kostrad, Danton-1/C Yonif Linud-328/17/1 Kostrad, Danton-Ban/B Yonif Linud-328/17/1 Kostrad, Danton-MO-81/Ban Yonif Linud-328/17/1 Kostrad, Pasi-2/Ops Yonif Linud-328/17/1 Kostrad dan Danki-A Yonif Linud-328/17/1 Kostrad.

Kemudian ikut pendidikan komando angkatan-100. Kini, ia dipercaya untuk memegang posisi sebagai Dantim-3/2/11 Grup-1/Para Komando/Kopassus.

Beragam pendidikan juga pernah diikutinya antara lain, pendidikan

Combat Intel, KIBI, Ranger, Airborne, Air Assault, Pathfinder, Free Fall, Jump Master, Para Raider dan Air Mobile. Kemudian pada tahun 2016, ia ikut pendidikan komando.

Artikel Asli