Berkumur dan Gosok Gigi saat Puasa, Bolehkan?

Nasional | ayosemarang | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:36
Berkumur dan Gosok Gigi saat Puasa, Bolehkan?

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM – Bolehkah seseorang berkumur atau gosok gigi ketika menjalankan puasa?

Saat puasa, tidak dipungkiri kondisi mulut akan terasa kurang nyaman. Berkumur dan gosok gigi bisa menjadi solusi agar mulut menjadi lebih segar.

Namun dalam puasa, bagaimana Islam menyikapi hal tersebut? Berikut ini penjelasan Habib Husein Ja'far Al-Hadar atau Habib Ja'far.

AYO BACA : Suami Istri Boleh Bermesraan saat Puasa Ramadan, Ada Syaratnya

Hukum gosok gigi saat menjalani puasa Ramadan, kata dia, tidak dilarang. Namun hal itu masuk dalam kategori sesuatu yang makruh menurut sebagian ulama. Jika mau menggosok gigi lakukanlah sebelum azan subuh.

Hal itu untuk mengantisipasi adanya sesuatu yang masuk dalam tenggorokan. Jika itu terjadi, tentu akan membatalkan puasa.

Gosok gigi menurut sebagian ulama itu makruh. Kalau pun mau dilakukan, itu sebelum subuh, bukan (waktu) Asar-Asar. Karena diantara puasa itu menahan mulut agar tetap bersih dari segala sesuatu, katanya seperti dikutip dari TIMESindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Rabu (21/4/2021).

AYO BACA : 3 Adab Berbuka Puasa Anjuran Nabi Muhammad SAW

Habib Ja'far menambahkan, membersihkan gigi itu baik dan Sunnah. Tapi jangan sampai dibenturkan saat menjalani puasa Ramadan.

Nanti setelah puasa, atau sebelum. Memang dibolehkan, tapi itu masuk hal-hal yang dimakruhkan. Kecuali odolnya ditelan (itu jelas batal puasanya), katanya lagi, sembari tertawa.

Selain itu, lanjut Habib Ja'far, saat puasa Ramadan ketika mengambil wudhu juga harus hati-hati. Contohnya saja berkumur-kumur secara berlebihan itu dilarang.

Kalau kumur-kumur dalam wudhu itu (juga) kalau berlebihan, tidak boleh, makruhnya tuh. Kalau ketelen sudah pasti batal, ujar Habib Ja'far.

AYO BACA : Bagaimana Hukum Menelan Ludah saat Puasa? Berikut Ini Penjelasannya

Artikel Asli