Mudik Dilarang, Polri Lakukan Penyekatan Di 333 Titik

Nasional | harianhaluan | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:04
Mudik Dilarang, Polri Lakukan Penyekatan Di 333 Titik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jalur tikus yang kemungkinan akan dilalui oleh masyarakat saat mudik lebaran nanti juga diantisipasi oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Makanya langkah penyekatan jalan nasional termasuk jalan tikus ditambah menjadi 333 dari 146 titik lokasi pos pengawasan ditahun lalu.

"Jalur-jalur tikus sudah dipetakan dan dibuat penyekatan. Penjagaan di setiap jalur tikus," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengutip laman Korlantas Polri, Senin (12/4/2021), dikutip dari CNBC Indonesia.

Setiap kendaraan yang lewat titik penyekatan akan diperiksa. Termasuk untuk truk bak dan ambulan.

"380 personel setiap hari, nanti kalau titiknya bertambah, pasti kami akan tambah lagi," jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala BNBP selaku Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menegaskan maksud dari addendum (tambahan klausul) Surat Edaran ini adalah mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik (22 April - 5 Mei 2021) dan H+7 peniadaan mudik (18 Mei - 24 Mei 2021).

Sejumlah titik penyekatan yakni :

1. Dua titik di Jalan tol, yakni arah Cikampek dan tol arah Merak

2. Sebanyak tiga titik di jalan arteri, yakni Harapan Indah (Bekasi), Jati Uwung (Tangerang), Kedung Waringin (Kabupaten Bekasi).

3. Sebanyak tiga titik di terminal bus, yakni Pulo Gebang (Jakarta Timur), Kampung Rambutan (Jakarta Timur), Kalideres (Jakarta Barat).

Sebelumnya Kakorlantas Irjen Pol. Istiono mengatakan, pihaknya tidak mau kecolongan dari seperti tahun lalu. Makanya pos pengawasan ditambah menjadi 333 titik dari 146 lokasi.

"Saya pastikan tidak akan ada yang lolos, kita semua kompak penyekatan menyeluruh di perbatasan provinsi hingga kabupaten," kata Istiono, dalam Konferensi Pers, Kamis (8/4/2021).

Pada tahun lalu angkutan gelap plat hitam curi-curi kesempatan untuk membawa penumpang untuk bepergian keluar kota. Caranya beragam mulai dari truk yang diisi penumpang, angkutan umum plat hitam, juga lainnya. Istiono menjamin pada tahun ini Polri akan menindak tegas jika terdapat pelanggaran nanti.

"Travel gelap akan kita tindak tegas. Kita harap kesadaran masyarakat tidak mudik diikuti," jelasnya. (*)

Artikel Asli