Berdomisili di Luar Daerah, Warga Lotim Diminta Tak Mudik Dulu

Nasional | lombokpost | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:00
Berdomisili di Luar Daerah, Warga Lotim Diminta Tak Mudik Dulu

SELONG -Pemkab Lombok Timur berupaya mencegah penyebaran covid-19 di Gumi Patuh Karya. Untuk itu, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy meminta warganya yang berdomisili di luar daerah untuk tidak mudik lebaran.

Hal itu disampaikan usai menggelar rapat koordinasi virtual persiapan pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah dengan kapolri dan jajaran kementerian, Rabu (21/4). “Kalau bisa jangan pulang dulu, apalagi melakukan pertemuan dalam kelompok yang besar,” pesan Sukiman.

Menurut mantan Dandim 1615 Lotim itu, dalam upaya mencegah penularan Covid-19, arus mudik lebaran menjadi salah satu yang mesti diwaspadai. Apalagi usia paling rentan adalah lansia.

Sementara kegiatan mudik cenderung dilakukan masyarakat untuk mengunjungi orang tua di kampung halaman. Di mana rata-rata orang tua merupakan lansia.

Inilah yang menurut orang nomor satu di Lotim ini menjadi risiko dan patut untuk diwaspadai. “Untuk bersilaturahmi, warga bisa memanfaatkan sarana video call untuk saat ini,” pesan Sukiman.

Penekanan larangan mudik itu menjadi wujud dari langkah Pemkab Lotim dalam upaya pencegahan peningkatan laju penambahan kasus Covid-19. Di mana hal ini masih menjadi fokus perhatian pemerintah saat ini.

Imbauan bupati Lotim ini sepertinya tidak sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah terkait mudik lebaran. Sebelumnya, gubernur NTB memperbolehkan mudik lokal di Bumi Gora. (tih/r5)

Artikel Asli