Panglima TNI dan KSAL Pantau Pencarian KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:28
Panglima TNI dan KSAL Pantau Pencarian KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung proses pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di Perairan Utara Bali. Peninjauan tersebut dilakukan menggunakan KRI Soeharso-990

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan, saat peninjauan Panglima didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

"Beliau (Panglima TNI) akan langsung ke KRI Soeharso untuk bertemu dengan KSAL. Sehingga data detil yang sebenarnya, kondisi seperti apa dari beberapa data yang disampaikan. Sehingga bisa menyampaikan lebih jelas," tuturnya saat konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Riad memaparkan, seharusnya Panglima TNI Hadi menggelar konferensi pers pada pagi hari ini, namun ditunda terlebih dulu. Sebab menunggu data lengkap dan konferensi pers diundur sore nanti sekira pukul 14.00 atau 15.00 Wit.

"Tadi disampaikan permohonan maaf beliau belum bisa secara langsung sekarang karena memang data-data belum bisa didapatkan secara detil. Nanti bersama KSAL yang mudah-mudahan nanti sore," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala-402 hilang kontak Rabu 21 April 2021 sekitar pukul 03.00 WIB. Kapal selam tersebut diduga sempat mengalami black out atau mati listrik sebelum hilang kontak. Akibatnya kapal tidak terkendali.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Julius Widjojono mengatakan seharusnya ada tombol darurat agar kapal muncul ke permukaan.

"Tidak dapat dilaksanakan prosedur kedaruratan (harusnya ada tombol darurat untuk menghembus supaya kapal bisa timbul ke permukaan) sehingga kapal jatuh pada kedalaman 600-700 meter," kata Julius dalam keterangannya, Kamis (22/4).

Artikel Asli