Usir Bau Nggak Sedap di Rumah dengan Bahan-bahan Alami Ini

Nasional | urbanasia.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:27
Usir Bau Nggak Sedap di Rumah dengan Bahan-bahan Alami Ini
"

Jakarta - Bau nggak sedap di dalam rumah bisa sangat mengganggu dan bikin tempat tinggal nggak nyaman. Meski ada banyak produk pengharum ruangan yang tersedia di minimarket, kamu juga bisa loh memanfaatkan bahan alami sebagai penggantinya.

Selain lebih aman, bahan alami biasanya tak berisiko membuat alergi ataupun mengandung bahan kimia berbahaya. Apa saja bahan alami yang bisa kamu manfaatkan? Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari Lifehack. Yuk, disimak, guys.

1. Daun Teh

Sumber: Daun teh (Freepik/jnemchinova)

Kamu penyayang binatang dan memiliki banyak binatang peliharaan di rumah? Selain menghibur dan menyenangkan, binatang peliharaan seperti anjing, kucing, atau burung sering menimbulkan bau di dalam rumah.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan daun teh sebagai pengharum ruangan . Letakkan sejumput daun teh di ruang tamu, kamar tidur, maupun di dekat kandang hewan. Kamu juga bisa mencampurkan daun teh ke dalam pasir litter box untuk mengurangi bau kotoran.

2. Koran Bekas

Sumber: Ilustrasi kertas koran (Freepik/wirestock)

Kalau kamu masih menyimpan kertas bekas koran atau majalah lama, jangan buru-buru dibuang, guys. Kertas koran dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulkas dan tempat sampah.

Caranya pun sangat mudah. Remas-remas kertas koran dan masukkan ke dalam kulkas atau tempat sampah. Kertas koran akan menyerap bau-bau tak sedap di dalamnya.

3. Kapur Tulis

Sumber: Ilustrasi kapur (Freepik/Freepik)

Lemari yang lembap dan jarang terkena sinar matahari rentan berbau dan berjamur. Akibatnya, pakaianmu pun ikut berbau kurang sedap. Untuk menetralisir baunya, cukup letakkan kapur tulis di dalam lemari pakaianmu. Selain menghilangkan bau, kapur tulis juga dapat menyerap kelembapan lemari, sehingga mengurangi bau.

4. Kayu Manis

Sumber: Kayu manis (Freepik/nipapornnan)

Tak hanya sebagai bahan pembuat kue atau masakan, kayu manis memiliki aroma yang harum dan manis. Kamu bisa memanfaatkan bubuk kayu manis untuk menghilangkan bau rokok di dalam rumah.

Caranya, campurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Aduk rata hingga menjadi adonan, kemudian taruh pada wadah tertutup. Lubangi tutupnya dan biarkan harumnya menetralisir area di dalam rumah yang berbau asap rokok.

"'
Artikel Asli