5 Tips Berolahraga Agar Tetap Bugar Selama Puasa

Nasional | urbanasia.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:28
5 Tips Berolahraga Agar Tetap Bugar Selama Puasa
"

Jakarta - Umat muslim sekarang ini tengah menjalani ibadah puasa . Meski demikian, berpuasa bukan artinya kita bisa bermalas-malasan.

Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di bulan Ramadan. Caranya tentu saja dengan berolahraga.

Namun karena sedang berpuasa, ada hal-hal yang harus Urbanreaders perhatikan nih saat berolahraga di bulan Ramadan. Apa saja? Berikut 5 tips berolahraga selama berpuasa.

1. Waktu Olahraga

Sumber: Ilustrasi Olahraga. (Freepik)

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah waktu olahraganya. Ada tiga waktu yang baik nih untuk kalian berolahraga di bulan Ramadan, yaitu sebelum berbuka, setelah berbuka, dan setelah sahur.

- Sebelum Buka Puasa

Kalau kamu memutuskan berolahraga sebelum berbuka, enaknya setelah selesai energimu yang terkuras bisa langsung terganti karena kamu sudah menerima asupan makanan saat buka puasa. Jadi nggak perlu khawatir deh akan mengalami dehidrasi.

Dan ingat, jangan sampai berlebihan olahraganya. Saat puasa, batasi diri dengan berolahraga maksimal 60 menit saja.

- Sesudah Berbuka

Kalau kamu memutuskan olahraga setelah berbuka, kamu perlu menunggu dulu dua sampai jam agar makanan yang kamu makan tadi punya waktu dicerna tubuh. Setelah dua sampai tiga jam, baru deh kamu bebas melakukan olahraga yang kamu inginkan, baik itu yang ringan sampai yang intensitasnya berat.

- Setelah Sahur

Setelah santap sahur juga jadi waktu yang baik untuk berolahraga. Pasalnya tubuhmu sudah mendapat cukup energi. Jadi bisa lah melakukan olahraga ringan supaya tubuh tetap fit.

2. Jenis Olahraga

Sumber: Ilustrasi berolahraga (Pixabay/ Marcus Aurelius)

Selain waktu olahraganya, tips lain berolahraga saat puasa adalah menentukan jenis olahraganya.xc2xa0 Ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan, misalnya jogging santai atau jalan cepat di sore hari selama 30 menit.

Atau bisa juga kamu ngabuburit sambil bersepeda selama 45 menit. Buat yang malas keluar, bisa lakukan yoga di rumah. Kalau malas olahraga sendirian, kamu bisa melakukan olahraga taichi bersama keluarga.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Sumber: Freepik

Tips berikutnya yang harus diketahui saat berolahraga sambil berpuasa adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhmu.

Beberapa orang menjadikan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam dan akhirnya jadi makan apapun. Jangan seperti itu ya! Kamu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Supaya tubuh tetap kuat saat berolahraga sambil berpuasa, baiknya konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai dengan mineral.xc2xa0

Untuk sahur, baiknya konsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis.

4. Penuhi Asupan Cairan

Sumber: Minum air putih (Freepik/pressfoto)

Kalau makanan sudah terpenuhi gizinya, jangan lupa memberi cairan yang banyak untuk tubuh. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik selama puasa.

Berhubung lagi puasa, tentu kamu nggak bisa minum seperti biasanya. Jadi atur waktu minum kamu saat sahur dan berbuka supaya tetap mencukupi kebutuhan 8 gelas air per harinya.

Minum segelas air putih sebelum dan setelah makan saat berbuka dan sahur. Lalu minum 1xe2x80x932 gelas ketika makan. Jangan lupa minum lagi sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Selain minum air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan atau yogurt.

5. Istirahat

Sumber: Ilustrasi tidur nyenyak. (Freepik)

Kamu sudah berolahraga, sudah juga memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Kalau begitu tips terakhir adalah beristirahat.

Kurang tidur bikin tubuh jadi nggak prima. So, pastikan waktu tidur kamu cukup, yakni sekitar 7-9 jam per hari.xc2xa0

"'
Artikel Asli