THR Karyawan Harus Dibayar Full

Nasional | lombokpost | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:19
THR Karyawan Harus Dibayar Full

MATARAM -Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 H tidak boleh dicicil. Apalagi sampai ada perusahaan yang memotong nilai dari THR karyawannya.

“Kami minta perusahaan membayar THR karyawan full . Jangan sampai dicicil seperti tahun lalu,” tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Mataram Hariadi.

Menurutnya, pada 2020 lalu, pemerintah memberikan dispensasi pembayaran THR karyawan dengan dicicil. Alasannya, saat itu sedang dalam puncak mewabahnya Covid-19. Sehingga terjadi berbagai kebijakan pembatasan operasional dalam berbagai sektor usaha. Baik itu jasa, perdagangan, maupun pariwisata.

“Sekarang pelaku usaha di semua sektor diminta untuk bangkit dengan menerapkan prokes (protokol kesehatan),” urai mantan camat Mataram ini.

Disnakertrans akan menyurati sekitar 1.800 perusahaan di Kota Mataram terkait kewajibannya untuk membayarkan THR karyawan sesuai ketentuan. Yakni paling lambat H-7 Idul Fitri 1442 H. “Surat edaran yang kami sebarkan sesuai dengan surat edaran yang kami terima dari Kementerian Tenaga Kerja,” ujar dia.

Ditanya soal pengawasan, pihaknya akan turun langsung ke beberapa perusahaan dan memastikan perusahaan siap membayar hak karyawannya. “Kami juga membuka posko pengaduan jika ada karyawan tidak mendapatkan haknya,” tutur dia.

Hariadi ingin karyawan bisa mendapatkan haknya. Mengingat dengan adanya THR akan membantu mereka mencukupi kebutuhan keluarga ditengah pandemi Covid-19. “Kami ingin perusahaan membayar THR kepada karyawannya tepat waktu,” kata dia. (jay/r3)

Artikel Asli