Kronologi Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak

Nasional | urbanasia.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 09:57
Kronologi Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak
"

Jakarta - Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak, ketika melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan selat Bali pada Rabu, 21 April 2021.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyebut, jika ada tumpahan minyak di sekitar lokasi awal menyelam kapal selam KRI Nanggala-402.xc2xa0

"Pada pukul 07.00 WIB melalui pengamatan udara dengan helikopter ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam KRI Nanggala," bunyi keterangan pers Humas Setjen Kemhan di Jakarta.

Berikut ini kronologi hilangnya KRI Nanggala-402, yang telah dirangkum Urbanasia, Kamis (22/4/2021):

1. KRI Nanggala-402 meminta izin menyelam dan akan melaksanakan penembakan torpedo SUT dan meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB.

2. Helikopter pun melakukan pengamatan udara pada pukul 07.00 WIB. Terlihat ada tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam KRI Nanggala-402.

3. KRI RIgel dan KRI Rengat diberangkatkan untuk membantu pencarian dengan side scan sonar pada pukul 14.00 WIB.xc2xa0

Tak hanya itu, TNI juga mengirim dua mobil chamber ke Banyuwangi. Kemudian juga mengirim distres ISMERLO (international submarine escape and rescue leaison office), dan sudah direspon oleh AL Singapura dan AL Australia.

4. Hingga Rabu malam, KRI Nanggala-402 yang mengangkut 53 awak belum juga ditemukan.

Dari analisa sementara, kapal selam diduga mengalami black out, sehingga kapal tidak terkendali dan tidak bisa melaksanakan prosedur kedaruratan. Tangki BBM kapal selam pun diduga rusak.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pun telah menginstruksikan pencarian dengan mengerahkan kapal milik TNI AL.xc2xa0

"Kami akan mengerahkan kapal TNI AL untuk pencarian," kata Hadi.

"'
Artikel Asli