Selangkah Lagi Jadi Anggota DPR, Yuni Astuti Pilih Pamit dari PAN

Nasional | radarjogja | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:07
Selangkah Lagi Jadi Anggota DPR, Yuni Astuti Pilih Pamit dari PAN

RADAR JOGJA – Pilihan tak lazim diambil Yuni Astuti. Meski tinggal selangkah lagi dilantik menjadi anggota DPR RI, menggantikan Hanafi Rais, Yuni memilih pamit dari keanggotaan PAN. Termasuk melepas peluangnya menjadi anggota DPR.

“Tepat di Hari Kartini saya menyatakan mengundurkan diri dari keanggotaan PAN, serta kepengurusan DPW PAN DIJ,” ujar Yuni dalam jumpa pers di Grand Inna Malioboro Rabu (21/4).

Surat pengunduran dirinya pun sudah dilayangkan ke DPP PAN maupun DPW PAN DIJ. Terkait alasan pengunduran dirinya, Yuni menyebut karena sudah merasa tidak nyaman lagi. “Saya punya feeling yang kuat dan saya meyakini saya tidak pas dan tidak nyaman. ketika saya tidak enjoy lebih baik saya mundur,” tuturnya.

Dengan pengunduran dirinya tersebut, Yuni pun melepas peluangnya menggantikan Hanafi Rais sebagai anggota DPR RI dari Dapil DIJ, melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Terkait hal itu Yuni menyebut sudah dipikirkan matang. Diakuinya, banyak rekan hingga keluarga yang menyayangkan. “Saya ini tipikal petarung dari didikan suami. PAW itu bukan betarung, tapi dikasih,” tegas istri Faried Jayen Soepardjan itu.

Yuni pun berharap keputusan politiknya ini bisa menjawab rasa penasaran dari berbagai kalangan. Dalam kesempatan itu, perempuan yang sempat viral dengan aksi bagi-bagi uang dari atas mobil Hummer Humvee saat awal pandemi lalu itu, juga meminta maaf kepada teman yang mendukungnya selama ini. “Saya tetap akan berjuang dengan cara sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya, pada pembukaan Muswil V PAN DIJ akhir tahun lalu, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan DPP PAN, Ahmad Mumtaz Rais menyebut segera mengurus proses PAW Ahmad Hanafi Rais yang mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI pada Januari 2021. Yuni merupakan calon pengganti Hanafi karena menjadi peraih suara terbanyak kedua. (naf/ila)

Artikel Asli