KRI Nanggala Hilang Kontak di Bali, TNI Minta Masyarakat Tak Percaya Berita Belum Jelas Kebenarannya

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 09:49
KRI Nanggala Hilang Kontak di Bali, TNI Minta Masyarakat Tak Percaya Berita Belum Jelas Kebenarannya

JAKARTA, iNews.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan lima unit KRI dan satu unit helikopter untuk mencari Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di Bali. Masyarakat diminta tidak percaya berita yang belum jelas kebenarannya.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad berharap tidak ada analisis yang tidak mendasar dilakukan oleh segelintir pihak. Hal itu, sambungnya, bertujuan agar memberikan ketenangan kepada masyarakat.

"Saya tegaskan kembali berbagai berita yang disampaikan sudah ditemukan 21 jam itu sebenarnya belum bisa dijadikan sebagi dasar. Oleh karena itu saya berharap tidak membuat analisa dan memberitakan yang mungkin belum dipastikan kebenarannya," kata Riad, Kamis (22/4/2021).

Riad menjelaskan kronologis hilang kontak kapal selam KRI Nanggala 402.

"Saya menyampaikan dengan lebih jelas, benar memang ada lost contacts KRI Nanggala 402 kurang lebih 60 mile utara perairan Bali," ujar Achmad Riad.

Kemudian Riad juga melanjutkan dengan menceritakan kronologis awal mula bagaimana kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak.

"Pukul 03.46 KRI Nanggala 402 melakukan penyelaman, kemudian pukul 04.40 melaksanakan penggenangan peluncur torpedo nomor 8 (bukan rudal)," kata Riad.

Dia mengungkapkan saat akan dilaksanakan otorisasi peluncuran torpedo barulah KRI Nanggala 402 hilang kontak. "Yang merupakan komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala 04.25 saat komandan gugus tugas latihan akan memberikan otorisasi penembakan torpedo disitulah komunikasi dengan Nanggala terputus," tutur Riad.

Artikel Asli