Larang Takbir Keliling, Polisi Tak Segan Beri Sanksi

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 22 April 2021 - 09:34
Larang Takbir Keliling, Polisi Tak Segan Beri Sanksi

JawaPos.com – Upaya pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan oleh Polda Metro Jaya. Salah satu upayanya yakni dengan melarang keras kegiatan takbir keliling. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) pun menyiapkan personel untuk menjaga kegitan yang biasa digelar pada malam Idul Fitri itu.

“Kita akan imbau untuk warga takbiran di masjid atau di rumah dan tidak. Tidak di jalan atau takbir keliling,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (22/4).

Sambodo menuturkan, bagi masyarakat yang nekat melakukan takbir keliling bisa dikenakan sanksi. Bisa sanksi ringan, hingga sanksi berat berupa pengenaan pasal sesuai Undang-Undang yang berlaku.

“Kita lihat situasinya di lapangan, apakah cukup diputarbalikkan atau ada sanksi Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ),” jelasnya.

Meski begitu, Sambodo belum merinci ihwal pemberian sanksi ini. Dia hanya menghimbau masyarakat tetap di rumah saat malam takbir, guna mencegah timbulnya kerumunan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Jaya 2021. Operasi ini digelar dengan berbagai tujuan. Salah satunya yakni mencegah gelombang mudik, maupun kegiatan Sahur On The Road (SOTR).

Baca Juga: Wisnu: Saya yang Merancang dan Menciptakan Logo Demokrat

Baca Juga: Reformasi ASN, Naik Pangkat Tiap Dua Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

Baca Juga: Sudah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Apel digelar di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Senin (12/4).

“Operasi Keselamatan Jaya 2021 yang akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 25 April 2021 merupakan operasi yang bersifat preventif di dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai pra kondisi memasuki giat Operasi Ketupat Jaya 2021,” kata Fadil.

Fadil menuturkan, operasi bakal digelar di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang (Jadetabek). Operasi akan mengedepankan edukasi kepada masyarakat.

Artikel Asli