Pandemi Covid-19 Bukanlah Penghalang Bagi Unpam untuk Terus Maju

Nasional | bantennews.co.id | Published at Kamis, 22 April 2021 - 08:07
Pandemi Covid-19 Bukanlah Penghalang Bagi Unpam untuk Terus Maju

Oleh: Siti Choirunnisa, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Dahulu Universitas Pamulang memang mengutamakan kuantitas dari pada kualitasnya, karena visi nya ialah memberikan kesempatan kalangan menengah kebawah untuk dapat merasakan pendidikan hingga ke bangku kuliah. Dengan uang bulanan hanya sebesar Rp. 200.000/bulan tanpa ada biaya gedung, padahal yang kita lihat ada 3 gedung unpam yang terdiri gedung utama, gedung witana harja, dan gedung viktor.

Bahkan sekarang ini sudah dimulai pembangunan gedung baru di wilayah kota serang dengan biaya bulanan sebesar Rp. 150.000 /bulan dengan nama  Universitas Sutomo yang beralamat di jalan lintas serang – jakarta kp limandang, Kalodran, Kec. Walantaka, Serang, Banten 42183. Universitas Sutomo tersebut masih satu yayasan dengan Sasmita Jaya Group yang diketuai oleh Dr. (H.C.), H. Darsono.

Universitas Pamulang kini sudah berubah dan sudah dikenal diberbagai kalangan, baik kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah keatas. Namun, tidak sedikit pula yang masih meragukan kualitas dari Universitas Pamulang karena mereka belum mengetahui perkembangan Universitas Pamulang yang kini sudah setara dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri lainnya. Tercatat pada unpam.ac.id kini jumlah mahasiswa universitas pamulang sebanyak 74217 mahasiswa yang terdiri dari berbagai wilayah dan pelosok di tanah air dengan jumlah dosen sekitar 2036 dosen yang kompeten dibidangnya dan memiliki jenjang karir yang mumpuni (31/07/2020).

Sedikit demi sedikit, Universitas Pamulang terus meningkatkan dan menunjukan kualitasnya, di tengah pandemi covid-19 saja Universitas Pamulang tetap semangat memberikan yang terbaik untuk puluhan ribu mahasiswanya. Hal ini terbukti pada akhir tahun 2020 ada beberapa program studi di Universitas Pamulang yang berhasil meraih akreditasi B, yaitu : Matematika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan lainnya. Tentunya itu semua karena kerja keras dan kerjasama antara dosen, mahasiswa dan keluarga besar Universitas Pamulang.

Dengan adanya kenaikkan akreditasi ini menunjukan ada perubahan dan peningkatan dari segi pembelajaran, fasilitas, dan infrastruktur yang dimiliki Universitas Pamulang. Teknik industri Universitas Pamulang misalnya, Program Studi ini selalu melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Hal ini dilakukan agar setiap mahasiswa yang sedang menimba ilmu di bidang industri bisa mempunyai wawasan dan kemampuan yang lebih unggul, terlatih, setara dengan kampus lain dan mampu bersaing di dunia kerja.

Teknik industri universitas pamulang saat ini sudah terakreditasi B oleh BAN-PT sejak tahun 2020. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya selaku mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang melihat dan merasakan keberhasilan yang telah diraih oleh Universitas. Keberhasilan yang diraih tidak luput dari kerja keras, dukungan, semangat, dan motivasi dari semua pihak, khususnya tim akreditasi baik dari dosen dan asisten laboratorium yang ikut andil dalam akreditasi tersebut.  Semua jerih payah terbayarkan dengan hasil keputusan yang menyatakan bahwa program studi Teknik Industri berhasil mendapatkan akreditasi B oleh BAN-PT.

Tak ada yang lebih membahagiakan daripada melihat pancaran keriangan di wajah para mahasiswa pejuang wisudawan dan wisudawati Universitas Pamulang. Hal ini tersirat ketika Universitas Pamulang berhasil meraih berbagai penghargaan, selain naiknya akreditasi Universitas dan beberapa Prodi. Namun, beberapa pernghargaan dari DIKTI pun berhasil diraih, diantaranya:

1.       Peringkat I dalam kategori “Perguruan Tinggi Dengan Jumlah Perolehan Jabatan Akademik Dosen Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala Terbanyak Tahun 2020”;

2.       Peringkat I Perguruan Tinggi dengan jumlah kelulusan sertifikasi pendidik terbanyak Tahun 2020;

3.       Peringkat I Perguruan Tinggi penerima Hibah dana penelitian dan pengabdian terbanyak (Judul Penelitian) Tahun 2020;

4.       Peringkat XII Perguruan Tinggi dengan peringkat klaster terbaik (diambil dari pemeringkatan KEMENDIKBUD) bentuk Universitas dan Institut;

5.       Klasterisasi Binaan Ke Utama Perguruan Tinggi dengan peningkatan klasterisasi penelitian tertinggi.Tahun 2020.

6.       Peringkat pertama di Spada Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan jumlah aktivitas pembelajaran.

Segala upaya tidak ada yang sia-sia hanyalah kita saja yang sabar menanti atau tidak. UNPAM telah membuktikan bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua terjadi karena suatu alasan, ditengah pandemi covid-19 ini saja UNPAM tetap semangat berjuang meningkatkan kualitasnya, bahkan UNPAM berhasil mendapatkan berbagai penghargaan seperti yang telah disebutkan diatas. Tidak hanya itu ditengah pandemi seperti saat ini UNPAM juga turut serta membantu masyarakat melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) UNPAM yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Bidang Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) untuk melakukan pembinaan dalam rangka mengurangi efek dari pandemi Covid-19 dimana fasilitas pelatihan ini dapat dinikmati oleh warga kota Tangsel dan secara gratis.

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) UNPAM yang merupakan lembaga akademik bidang Vokasi yang merupakan bagian dari Universitas Pamulang dengan tugas pokok melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu programnya ialah menyelenggarakan pelatihan-pelatihan atau kursus untuk meningkatkan skill, keterampilan, kecakapan untuk mengembangkan diri dan mengembangkan profesi. Pelatihan yang diberikan  seperti pelatihan digital marketing, teknisi service AC, mekanik sepeda motor, tata rias rambut, tata rias wajah dan bahasa inggris.

Bagi setiap univeristas baik Universitas Negeri maupun Universitas Swasta pasti menginginkan seluruh mahasiswanya berkualitas, memiliki skill yang mumpuni sehingga mampu bersaing di dunia kerja, berattitude baik dan pastinya berguna bagi masyarakat bangsa dan negara. Maka dari itu mari kita semua bangga memiliki UNPAM dan menjadi bagian dari UNPAM. Marilah kita bahu-membahu agar terus menciptakan sebuah lonjakan karya yang dapat berguna untuk diri sendiri dan masyarakat. Jika ada kemauan pada diri, kita bisa membuat diri kita berkualitas ditengah segala keterbatasan.

Nama kampus tidaklah membawa pengaruh besar dalam kesuksesan kita, melainkan skill dan attitude yang kita miliki lah yang berpengaruh besar. UNPAM yang sekarang bukanlah UNPAM yang dulu, kini UNPAM telah mengepakkan sayapnya merangkul negeri dengan kualitas sebanding dengan Universitas lain. Terima kasih Universitas Pamulang telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang berharga selama saya menjadi bagian darimu.

(***)

Artikel Asli