Pimpin Sumbawa, Mo-Novi Janji Tak Banyak Mutasi

Nasional | lombokpost | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:52
Pimpin Sumbawa, Mo-Novi Janji Tak Banyak Mutasi

MATARAM-Jelang dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, pasangan terpilih H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany mengimbau pada pendukung dan masyarakat luas Sumbawa mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) di momen pelantikan mereka nanti.

“Tetapi ikuti Prokes,” kata Wakil Bupati Sumbawa Terpilih Dewi Noviany.

Novi juga mengatakan, tak ada persiapan khusus dirinya menyambut momen bersejarah itu. “Biasa saja nggak pakai persiapan,” ungkapnya.

Pasangan Mo-Novi terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa setelah melalui pertarungan politik yang sangat panjang.

Mo-Novi menghadapi empat rival tangguh. Salah satunya pasangan petahana HM Husni Djibril (alm)-H Muhammad Ikhsan yang menguasai mesin birokrasi pemerintahan.

Di babak berikutnya, Mo-Novi kembali bertarung di Mahkamah Konstitusi (MK), menghadapi rival tangguhnya H Syarafuddin Djarot-H Mokhlis yang melayangkan gugatan atas putusan KPU Sumbawa yang mengunggulkan mereka dalam perhitungan.

Sampai akhirnya Mo-Novi, berhak ditetapkan sebagai pasangan terpilih, usai MK menolak gugatan Jarot-Mokhlis pada KPU Sumbawa.

Sekalipun telah melalui pertarungan berat dan melelahkan, Novi berjanji tidak akan membawa bara balas dendam mengawali pemerintahannya usai dilantik nanti. Sekalipun ada yang di dalam pemerintahan, tidak mendukungnya saat Pilbup Sumbawa 2020 lalu

“Nggaklah (tidak ada perombakan besar-besaran, Red) semua harus mengikuti aturan dan berproses,” tekannya.

Novi justru mengatakan ingin memprioritaskan kelengkapan mesin OPD di awal pemerintahannya. Sehingga dapat bekerja maksimal melayani rakyat.

“Kalau OPD kosong karena pensiun kita segera isi,” tegasnya.

Sebelumnya, Asisten I Pemprov NTB Bidang Pemerintahan dan ASN Baiq Eva Nurcahyaningsih mengatakan telah berkirim surat ke Kemendagri untuk usulan pelantikan Mo-Novi.

Pelantikan dijadwalkan pada akhir April ini. “Pelantikan direncanakan 26 April,” katanya. (zad/r2)

Artikel Asli