PDIP Tegaskan Nadiem Tak Relevan Diganti, Lalu Siapa yang Incar Kursi Nadiem?

Nasional | radartegal | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:40
PDIP Tegaskan Nadiem Tak Relevan Diganti, Lalu Siapa yang Incar Kursi Nadiem?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim disebut-sebut bakal direshuffle. PDIP menegaskan Nadiem tak relevan diganti, karena kinerjanya dinilai cukup baik.

Isu pergantian Nadiem sengaja dihembuskan karena ada pihak yang mengincar kursi Mendikbud.

"Sebagai Mendikbud, Nadiem mampu menjalankan program Presiden Jokowi. Saya tidak melihat ada relevansi untuk mengganti Nadiem. Rumor itu muncul mungkin ada yang sedang ngincar kursi Mendikbud," kata politisi PDIP Andreas Hugo Pareira di Jakarta, Rabu (21/4).

Menurunya, selama dua tahun bermitra, Nadiem dapat menerjemahkan pembangunan SDM yang merupakan program pemerintahan Jokowi dengan Merdeka Belajar yang sedang on going. Kemudian, peningkatan status guru-guru honor menjadi PPK dan sekarang sedang dipersiapkan Revisi UU Sisdiknas.

Selain itu, Nadiem dinilai cukup responsif di tengah pandemi. Nadiem mampu menjalankan program pendidikan di tengah pandemi. "Selama pandemi ini Nadiem fleksibel dalam menjalankan program-program pendidikan," papar anggota Komisi X DPR RI itu.

Andreas tidak mau menyebut siapa yang mengincar kursi Nadiem. "Yang menciptakan rumor-rumor itu," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Parameter Politik Adi Prayitno menyebut pertemuan Nadiem Makarim dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menimbulkan berbagai spekulasi. Salah satunya ada dugaan Nadiem mencari suaka politik.

"Setidaknya hal itu bisa diukur dari respons publik dan komentar di media sosial," uajr Adi di Jakarta, Rabu (21/4).

Seperti diketahui, melalui akun Instagramnya, Nadiem Makarim mengunggah foto selfi bersama Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Isu yang berkembang Nadiem bakal direshuffle. (rh/zul/fin)

Artikel Asli