7 Manfaat ubi jalar untuk pria, membantu mengurangi stres

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:05
7 Manfaat ubi jalar untuk pria, membantu mengurangi stres

Brilio.net - Ubi adalah tanaman budidaya yang dimanfaatkan akarnya, di mana akarnya tersebutlah yang membentuk umbi. Seperti yang kita ketahui, ubi memiliki beraneka ragam jenis. Ada ubi yang berwarna putih, kuning, dan ungu. Makanan ini selain enak juga memiliki banyak manfaat.

Berbicara mengenai ubi jalar, ternyata makanan ini juga memiliki banyak manfaat bagi pria, lho. Dilansir dari core.ac.uk, ubi (Ipomoea batatas L. Lam) diketahui memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Antisionin ini berkontribusi pada aktivitas antioksidan.

Apa saja manfaatnya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/4).

1. Mengurangi stres.

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline.com, ubi jalar mengandung nutrisi yang penting untuk meredakan stres. Kandungan tersebut berupa vitamin C dan kalium. Selain itu, ubi jalar juga dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

2. Membantu mencegah penuaan dini.

foto: freepik.com

Siapa sangka, ubi ini memiliki manfaat dalam mencegah penuaan dini. Ubi jalar mengandung 100% vitamin A RDA, yaitu bahan aktif yang sering dijumpai pada sebagian besar krim anti aging atau krim anti penuaan. Sebab itulah, ubi jalar bisa membuat awet muda.

3. Mengontrol berat badan.

foto: freepik.com

Ubi memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu menurunkan berat badan. Karbohidrat yang ada pada ubi membuat nafsu makan menjadi stabil. Tak hanya itu saja, ubi juga mampu menetralisir kerusakan yang disebabkan oleh makanan manis serta makanan kurang sehat lainnya.

4. Membantu mencegah infertilitas atau ketidaksuburan.

foto: freepik.com

Kandungan potasium pada ubi mampu melawan tekanan darah tinggi. Sementara itu, kandungan beta-karoten ubi juga bisa memenuhi vitamin A tubuh. Vitamin A tersebut membantu masalah infertilitas.

5. Menurunkan risiko kanker.

foto: freepik.com

Manfaat lain dari ubi jalar adalah membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Kandungan beta-karoten yang ada pada ubi dapat mengurangi risiko kanker prostat sampai 40 persen. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya olah ubi dengan cara dipanggang dalam microwave selama 8 menit.

6. Memenuhi kebutuhan serat.

foto: freepik.com

Ubi merupakan salah satu sumber serat makanan utama. Tak heran, jika ubi sering menjadi slah satu makanan yang dikonsumsi pelaku diet. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

7. Membantu tidur lebih nyenyak.

foto: freepik.com

Bagi kamu yang sering mengalami sulit tidur, kamu dapat mencoba ubi sebagai alternatif. Pasalnya, salah satu kandungan ubi adalah kolin. Kandungan ini mampu mengatasi masalah sulit tidur.

8. Menambah stamina pria.

foto: freepik.com

Ubi mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat bagi stamina pria saat sedang melakukan hubungan intim. Olah ubi dengan teknik rebus agar mendapatkan khasiat lebih maksimal.

RECOMMENDED

3 Cara merawat kesehatan kulit agar terhidrasi optimal selama berpuasa

5 Manfaat hati ampela ayam, bantu turunkan berat badan

8 Cara aman menyimpan makanan sisa di kulkas, anti basi

Mengonsumsi daging mentah tak dianjurkan, ini penjelasannya

Nagita hamil, Raffi Ahmad protektif jaga kesehatan janin sang istri

Artikel Asli