Mudik Dilarang, Masyarakat Tak Kehilangan Akal, Lakukan Hal Ini Cegah Penyekatan Polisi

Nasional | wartaekonomi | Published at Kamis, 22 April 2021 - 06:31
Mudik Dilarang, Masyarakat Tak Kehilangan Akal, Lakukan Hal Ini Cegah Penyekatan Polisi

Sejumlah pemudik memilih pulang lebih awal demi menghindari cegatan polisi di perbatasan. Pemandangan ini terlihat di jalur pantura Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021) pagi. Pemudik sepeda motor tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur memilih jalur pantura agar aman dari penyekatan yang akan diberlakukan.

Diketahui, pemerintah menerapkan larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei mendatang. Menyiasati itu, sejumlah pemudik pilih jalur pantura Cirebon tepatnya di Weru Plered dan Tegal Karang Palimanan untuk menjadi rute menuju kampung halaman.

Pantauan di lapangan, sejak Rabu pagi lalu lintas di sana didominasi kendaraan roda dua dari Jakarta menuju Jateng dan Jatim. Para pemudik ini kebanyakan para pedagang dan wirausaha yang tidak terikat dengan jadual kerja pemerintah.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengaku, selama dua hari terakhir ini kendaraan roda dua dengan plat nomor B mulai meramaikan jalur pantura Cirebon.

"Kami melakukan antisipasi lonjakan pemudik lebih awal. Personel akan ditempatkan di beberapa titik rawan kecelakaan di jalur pantura," terangnya.

Diperkirakan, lonjakan volume pemudik roda dua yang melintasi di jalur ini akan terus terjadi hingga pemberlakuan larangan mudik pada awal Mei mendatang.

Artikel Asli