6 Trik Bentuk Kebiasaan Sehat Menggunakan Ponsel

Nasional | republika | Published at Kamis, 22 April 2021 - 05:40
6 Trik Bentuk Kebiasaan Sehat Menggunakan Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama pandemi Covid-19, banyak orang yang mungkin menjadi terlalu bergantung pada ponsel pintar mereka. Tak hanya untuk urusan sekolah atau pekerjaan, ponsel pintar juga menjadi salah satu sumber hiburan saat harus berdiam diri di rumah akibat pandemi.

"Hidup di tengah masyarakat saat ini, kita seringkali menghabiskan hingga 10 jam per hari dengan ponsel kita, rekomendasi hariannya adalah sekitar dua jam per hari," ujar mind coach dari Freeletics Vanessa Gebhardt, seperti dilansir Metro .

Meski ponsel pintar memiliki banyak kegunaan, penggunaannya secara berlebih tentu kurang baik. Berikut ini adalah enam trik yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan menggunakan ponsel pintar yang sehat dalam keseharian.

Senyapkan Notifikasi

Notifikasi dari teman, grup percakapan, hingga media sosial kerap membuat pengguna ponsel pintar sulit melepaskan diri dari gawai mereka. Mensenyapkan bunyi notifikasi ponsel pintar dapat sangat membantu mengurangi screen time atau paparan layar ponsel pintar secara signifikan. Ketika notifikasi dalam mode senyap, pengguna ponsel pintar juga tak akan begitu tergoda untuk mengecek gawai mereka sepanjang waktu.

Pasang Timer

Ada cukup banyak ponsel pintar yang memiliki fitur timer atau pengatur waktu untuk membatasi penggunaan aplikasi sesuai keinginan. Misalnya di saat jam kerja, fitur ini bisa digunakan untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang mungkin tak berhubungan dengan pekerjaan dan bisa mengalihkan fokus, seperti aplikasi permainan dan media sosial.

Hitam Putih

Mengubah pengaturan tampilan layar ponsel dari penuh warna menjadi grayscale patut dicoba. Tampilan hitam-putih dapat membantu menurunkan minat untuk menghabiskan banyak waktu di ponsel pintar.

Artikel Asli