DPR Minta Panglima TNI Kerahkan Pasukan Cari Kapal Selam KRI Nanggala 402

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 05:25
DPR Minta Panglima TNI Kerahkan Pasukan Cari Kapal Selam KRI Nanggala 402

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Panglima TNI untuk dapat segera mengerahkan pasukan dalam pencarian KRI Nanggala 402 di Perairan Utara Bali. Kapal ini hilang kontak sejak meminta izin menyelam pada Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WIB.

"TNI AL dan Bakamla diharapkan segera berkordinasi untuk menemukan titik kordinat kapal yang hilang kontak tersebut dan melakukan penelusuran keberangkatan dan tujuan kapal itu, sehingga dapat dilakukan langkah awal untuk mempermudah dan mempercepat pencarian," Kata Azis, Kamis (22/4/2021).

Azis juga mengapreasiasi langkah TNI yang menggandeng Australia dan Singapura untuk pencarian kapal tersebut. Namun dia mengingatkan agar hal ini juga diinformasikan kepada Bakamla maupun relawan terkait sehingga ada kerja sama dalam melakukan pencarian.

"Selama kerja sama itu sesuai prosedur maka diperbolehkan. Pencarian dan hal lainnya terkait kecelakaan latihan perang, biasanya ada prosedur penyelamatan yang disepakati kedua negara tersebut," ujarnya.

Diketahui KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam buatan Jerman tahun 1977. Kapal selam ini masuk jajaran TNI AL tahun 1981. Sebelumnya, TNI AL menyebut kondisi material dan personel KRI Nanggala 402 siap dalam pelayaran tersebut.

Terdapat 53 awak di kapal selam yang terdiri atas 49 anak buah kapal (ABK), 1 komandan satuan 3 personel arsenal. Komandan KRI Nanggala 402 yakni Letkol laut (P) Heri Octavian yang sudah satu tahun menjabat. Dita angga

Artikel Asli