Aksi Donasi Berjalan Kaki Dilakukan Pria Berusia 101 Tahun

Nasional | republika | Published at Kamis, 22 April 2021 - 03:05
Aksi Donasi Berjalan Kaki Dilakukan Pria Berusia 101 Tahun

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Aksi jalan kaki kembali dilakukan oleh Dabirul Islam Choudhury pada Ramadhan tahun ini. Laki-laki berusia 101 tahun itu melakukan penggalangan dana dengan berjalan kaki untuk membantu keluarga dan korban yang terkena dampak Covid-19 di seluruh dunia.

“Dana ini akan memberikan perlindungan bagi para tunawisma, memberi makan yang miskin, memberikan pendidikan bagi anak perempuan dan laki-laki, membantu para janda, dan membantu komunitas yang dilanda perang yang terkena bencana. Donasi ini juga akan membantu membangun masjid di Inggris,” demikian bunyi pernyataan di situs Just Giving Choudhury, dilansir dari About Islam, Rabu (21/4).

Tantangan 'Walk with Dabirul' telah membuat orang-orang di lebih dari 150 kota mendaftar untuk mengumpulkan dana bagi para korban Covid-19. Orang-orang akan berjalan di taman atau kebun di daerah tempat mereka tinggal, untuk mencapai 1,5 juta langkah dengan semua orang yang mengambil bagian.

Aksi donasi tersebut, sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari 8.000 poundsterling (Rp 162 juta). Aksi ini dijadwalkan berlangsung pada 17 April tapi kemudian diubah menjadi 24 April untuk menghindari bentrokan dengan pemakaman Duke of Edinburgh.Choudhury mendapatkan Order of the British Empire (OBE) dalam penghargaan ulang tahun Ratu Elizabeth pada tahun lalu, setelah berhasil mengumpulkan 420 ribu poundsterling (Rp 8,5 miliar) untuk membantu mereka yang terdampak Covid-19 tahun lalu.

Choudhury terinspirasi dari Kapten Sir Tom Moore, sehingga menempatkan dirinya dalam tantangan berjalan 100 putaran di sekitar taman di saat dirinya tengah berpuasa Ramadhan. Choudhury berjalan 970 putaran di tamannya di Bow, London Timur, selama Ramadan tahun ini.Choudhury menyumbangkan 116 ribu poundsterling (Rp 2,3 miliar) kepada NHS dan sisa uangnya untuk 30 badan amal di 52 negara sebagai bagian dari inisiatif krisis Covid-19 Ramadan Family Commitment (RFC).

“Saya merasa bangga mereka menghormati saya atas upaya yang telah saya lakukan. Saya berterima kasih kepada semua orang dari lubuk hati saya,” katanya setelah menerima kehormatan Ratu.

Artikel Asli