5 Manfaat ikan mujair, dapat mengontrol kolesterol

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 22 April 2021 - 01:15
5 Manfaat ikan mujair, dapat mengontrol kolesterol

Brilio.net - Ikan mujair dengan nama ilmiah Oreohromis Mossambicus adalah sejenis ikan tawar yang biasa dikonsumsi. Awalnya ikan mujair berada di perairan Afrika Selatan. Namun, kini ikan mujair marak dibudidayakan di Indonesia.

Mujair memiliki rasa tak terlalu amis dan memiliki harga yang terjangkau. Tak heran jika banyak yang menyukainya. Selain punya rasa yang nikmat, ikan satu ini juga memiliki kandungan baik bagi kesehatan.

Dilansir dari stylecraze.com, ikan mujair kaya akan protein, rendah kalori, dan merupakan sumber mineral dan vitamin yang baik. Punya segudang manfaat, ikan satu ini cocok banget jadi menu utama di bulan Ramadan.

Lalu, apa aja manfaat ikan mujair ini? Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, lima manfaat ikan mujair, Kamis (22/4).

1. Mengontrol gula dalam darah.

foto: freepik.com

Dilansir dari laman Harvard Medical School, kandungan omega 3 pada ikan mujair ini lebih rendah jika dibandingkan dengan omega 6 nya. Bagi para penderita diabetes, omega 6 dapat membantu untuk meningkatkan respon sel-sel otot terhadap insulin. Meski begitu, tidak dianjurkan mengonsumsi omega 6 secara berlebihan. Mengingat omega 6 dikenal sebagai lemak jahat.

2. Menjaga kolesterol.

foto: freepik.com

Omega 3 pada ikan ini berfungsi untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik). Meskipun kandungannya tidak begitu tinggi, ikan mujair tetap memiliki manfaat yang baik untuk membantu menjaga kadar kolesterol.

3. Memperkuat massa otot.

foto: freepik.com

Kandungan protein yang ada pada ikan mujair dapat menambah massa otot dan tulang, memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh, dan memperbaiki jaringan. Kalsium yang ada pada ikan air tawar ini juga mampu untuk membuat tulang semakin kuat.

4. Memperkuat imun.

foto: freepik.com

Salah satu kandungan dalam ikan mujair adalah selenium. Selenium adalah mineral yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Mineral selenium ini berguna untuk membantu nutrisi dalam proses penyerapan makanan agar dapat memperlancar metabolisme pada tubuh.

5. Aman bagi ibu hamil dan anak-anak.

foto: freepik.com

Mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri tentu membahayakan bagi sistem pencernaan. Namun, ikan mujair termasuk ikan yang hidup pada air tawar dan biasanya diternakkan dalam akuarium atau tangki tertutup. Sehingga membuat ikan-ikan tersebut tidak banyak terpapar polusi dan cenderung lebih aman untuk dimakan.

RECOMMENDED

12 Manfaat ikan patin untuk kesehatan, bantu naikkan trombosit

10 Resep olahan ikan patin, enak, lembut dan gurih

15 Resep lauk ikan berkuah, segar dan praktis untuk sajian keluarga

10 Resep ikan bakar teflon, enak, praktis, dan ekonomis

10 Potret sajian olahan ikan ini absurdnya bikin pengen nangis

Artikel Asli