5 Manfaat daun basil untuk kesehatan, bisa mencegah kerutan

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 22 April 2021 - 00:21
5 Manfaat daun basil untuk kesehatan, bisa mencegah kerutan

Brilio.net - Daun basil adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, penambah aroma pada teh, suplemen kesehatan, dan lain-lain. Meski masih jarang digunakan pada masakan Indonesia, daun basil banyak dijadikan penyedap makanan pada masakan barat, khususnya Italia.

Daun basil masih merupakan anggota keluarga dari tanaman mint dengan varietas yang berbeda, maka dari itu daun basil ini lumayan mirip dengan daun mint. Sebab tanaman ini memiliki aroma menyegarkan, juga kandungan yang baik untuk kesehatan, sama seperti daun mint.

Memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti kalsium, vitamin A, vitamin K, vitamin B, dan beta karoten, daun basil ini kerap dijadikan bahan pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Daun ini juga dapat dijadikan sebagai aromaterapi, sehingga baik untuk menenangkan badan dan pikiran.

Nah, mau tahu manfaat apa saja yang dimiliki daun basil untuk kesehatan? Yuk, simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber tentang lima manfaat daun basil untuk kesehatan, Kamis (22/4).

1. Melawan kanker.

foto: freepik.com

Daun basil memiliki kandungan fitokimia sehingga dapat berfungsi untuk membantu mencegah kanker secara alami, seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Selain itu, daun basil juga tinggi akan antioksidan yang dapat membantu melawan dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

2. Menghentikan radikal bebas.

foto: freepik.com

Kaya akan antioksidan, daun basil bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk pada tubuh akan berbahaya dan dapat merusak sel juga menumbuhkan penyakit. Maka dari itu, antioksidan seperti antosianin dan beta karoten dari daun basil dapat membantu menghilangkan radikal bebas pada tubuh.

3. Menyehatkan hati.

foto: freepik.com

Daun basil bersifat detoksifikasi, sehingga berperan penting untuk proses metabolisme dengan cara mencegah lemak-lemak jahat menumpuk pada organ hati. Sehingga daun basil akan menjaga hati tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

4. Mencegah kerutan pada kulit.

foto: freepik.com

Daun basik yang kaya akan antioksidan ini juga dapat membantu kulit lebih terhidrasi. Maka dari itu, daun basil bisa membantu mencegah kerutan atau proses penuaan pada kulit. Kulit pun akan tetap awet muda tanpa kerutan.

5. Menurunkan kadar gula darah.

foto: freepik.com

Dilansir dari National Library of Medicine, daun basil dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 2019 lalu dengan objek penelitian seekor tikus.

Gula darah pada tikus yang diberi tepung menjadi turun setelah satu bulan. Sehingga, daun basil ini baik sebagai pengobatan gula darah tinggi atau diabetes untuk jangka panjang. Meski begitu, kamu tetap harus konsultasikan ke dokter jika menggunakan daun basil sebagai pengobatan.

RECOMMENDED

5 Cara menanam tanaman hias daun mint dari batang, mudah dan cepat

13 Manfaat daun mint bagi kesehatan, mengobati flu hingga kanker

7 Daun yang bisa merawat kecantikan kulit kamu

14 Resep western food ala rumahan, enak dan sederhana

10 Cara menyimpan sayur di kulkas agar tetap segar

Artikel Asli