Loading...
Loading…
Saat Jadi Taruna Akmil, Jenderal Asal Tanah Bugis Ini Ngotot Ingin Masuk Kopassus, Akhirnya Kesampaian

Saat Jadi Taruna Akmil, Jenderal Asal Tanah Bugis Ini Ngotot Ingin Masuk Kopassus, Akhirnya Kesampaian

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 19 April 2021 - 13:03

JAKARTA - Saat ini, Letnan Jenderal (Letjen) Sjafrie Sjamsoeddin, mantan jenderal baret merah ini tengah memangku mandat sebagai penasehat khusus Menteri Pertahanan. Adalah Letjen (Purn) Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan) saat ini yang mengangkat Sjafrie sebagai penasehat khususnya.

Seperti diketahui, Sjafrie dan Prabowo punya kedekatan tersendiri. Keduanya berkawan karib. Selain memang, keduanya sama-sama berasal dari Kopassus.

Nah, ada satu kisah menarik yang diungkap Salim Said dalam bukunya, Dari Gestapu ke Reformasi: Serangkaian Kesaksian , yang terbit pada tahun 2013. Menurut Salim, ketika masih jadi taruna Akmil, saat diminta mengisi formulir tentang kesatuan yang hendak dipilihnya, dari tiga pilihan yang disediakan, Sjafrie mengisi semuanya dengan jawaban Kopassus.

Menurut Salim, bagi Sjafrie, menjadi Kopassus adalah harga mati. Dan akhirnya keinginan itu terwujud. Sjafrie jadi prajurit Kopassus, pasukan elit TNI yang disegani dunia. Dari Kopassus, ia merintis karir hingga menduduki sejumlah posisi strategis di TNI dan terakhir pensiun dengan pangkat Letjen.

Sjafrie, jenderal asal tanah Bugis ini pernah menjadi Pangdam Jaya saat menjelang Soeharto lengser dari kursi Presiden tahun 1998. Ketika itu, Jakarta tengah diamuk kerusuhan besar pasca tertembaknya mahasiswa Trisakti.

Setelah tak menjabat sebagai Pangdam Jaya, Sjafrie ditunjuk jadi Aster Kasum TNI, lalu menjadi Sahli Polhukam Panglima TNI, Koorsahli Panglima TNI dan jadi Kapuspen TNI tahun 2002. Tahun 2005, Sjafrie diangkat jadi Sekjen Dephan. Kemudian di era SBY, Sjafrie diangkat jadi Wakil Menteri Pertahanan pada tahun 2010.

Kini, di saat kawan karibnya Letjen Prabowo Subianto jadi Menteri Pertahanan, Sjafrie kembali ditarik ke Kementerian Pertahanan. Ia oleh Prabowo, yang juga sama-sama pernah dibesarkan di Kopassus, diangkat jadi penasehat khusus Menhan.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{