Loading...
Loading…
Menjaga Kesehatan Kulit Sama Dengan Memelihara Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Kulit Sama Dengan Memelihara Kesehatan Tubuh

Nasional | jawapos | Kamis, 08 April 2021 - 20:00

JawaPos.com Belum berlalunya pandemi Covid-19 membuat kunjungan ke tempat perawatan kulit berkurang. Namun, itu tidak boleh dijadikan alasan untuk melupakan kesehatan kulit. Sebab, menjaga kesehatan kulit berarti menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Hal tersebut terungkap dalam talkshow yang digelar Maxine Aesthetic Clinic untuk memperingati ulang tahunnya yang ketiga di Surabaya, Kamis (8/4). Pembicaranya, Founder dan CEO Maxine Wardah Nafisah, serta dr Victor Pratama. Hadir juga para beauty influencer dari Surabaya.

Selain memilih skincare yang tepat, kunci kulit sehat adalah makan-makanan bergizi dan rutin olahraga. Itu artinya, sekaligus memelihara kesehatan tubuh yang menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19, ujar dr Victor.

Dia mengatakan, untuk memilih produk skincare, harus memperhatikan berbagai kandungannya. Natural cosmeceutical sangat penting. Bikin cantik sekaligus sehat, ujarnya.

Sementara itu, Wardah Nafisah mengatakan, era Covid-19 membuat banyak orang mengalami tekanan karena berbagai dampak pandemi yang mengubah tatanan hidup secara drastis. Tingkat stres pun bisa meningkat. Nah, stres itu bisa berakibat buruk pada kondisi kulit wajah seseorang. Salah satunya adalah penuaan dini.

Baca Juga :
Manfaat Memelihara Jenggot

Maka, treatment untuk kulit sehat dan cantik cukup marak di masa pandemi. Karena ruang gerak terbatas, pembelian online meningkat, dan konsumen bisa melakukan treatment mandiri di rumah, ujar Wardah yang juga penulis buku Skincare 101: Panduan Lengkap untuk Kulit Sehat dan Cantik tersebut.

Wardah mengatakan, kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia. Merawat kulit juga berarti merawat kesehatan. Dan merawat kulit dengan baik saat ini bisa bermanfaat hingga 10-20 tahun ke depan, ujar Wardah.

Oleh karena itu, kini perawatan kulit yang baik disebut sebagai skinvestment. Tantangannya, bagaimana seseorang bisa efektif dalam menggunakan produk skincare dengan hasil yang bukan hanya cantik, tapi juga sehat.

Intinya, kecantikan dan kesehatan harus sejalan. Produk skincare jangan hanya bikin hasil instan yang baik, tapi juga wajib menyehatkan kulit, imbuh Wardah yang memperoleh sertifikasi Registered Aesthetician dari Esthetics Certificate Institute.

Wardah menambahkan, produk skincare yang baik juga harus efektif namun tetap aman seumur hidup dan tidak menyebabkan ketergantungan. Selama ini, mungkin banyak perempuan justru menderita masalah kesehatan kulit yang lebih kompleks saat menjalani perawatan kecantikan.

Baca Juga :
Kombinasi Gizi dan Olahraga Hasilkan Imunitas Tubuh

Itu karena bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan tidak mengindahkan dampak negatif ke penggunanya. Seperti kandungan hydroquinone di krim pemutih yang dalam jangka panjang bisa memicu masalah seperti kanker dan alergi. Itulah kenapa, Wardah memilih Galactomyces (Pitera) yang mencapai kadar 97 persen. Selain itu, formulasi cosmeceuticals yang efektif merawat kulit seperti Retinol, Tranexamic acid, Vitamin C, Kojic acid, hingga Niacinamide.

Wardah menambahkan, meski di masa pandemi, tren perawatan kulit terus berkembang. Permintaan pasar terhadap produk-produk skincare juga meningkat. Jadi, tetap jangan lupakan perawatan kulit saat pandemi, karena sejatinya juga untuk merawat kesehatan tubuh, dan menjaga imun tubuh, pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Original Source

Topik Menarik

{