Ini Brigade Infanteri Baru yang Diresmikan Jenderal Bintang Dua Kostrad

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:36
Ini Brigade Infanteri Baru yang Diresmikan Jenderal Bintang Dua Kostrad

REJANG LEBONG - TNI AD resmi mempunyai Brigade Infanteri (Brigif) baru. Brigif yang diresmikan ini berada di bawah kendali Kodam II Sriwijaya.

Mengutip keterangan tertulis Puspen TNI yang diterima Koran Jakarta, Senin (5/4), Brigif baru yang baru saja diresmikan itu adalah Satuan Brigade Infanteri (Brigif) 8/Garuda Cakti (GC) Kodam II/Sriwijaya. Pada awal April,Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi meresmikan Brigif 8/Garuda Cakti dalam sebuah upacara yang digelar di Markas Komando Brigif 8/GC d di Desa Gunung Agung, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Dalam upacara itu, Mayjen Agus sekaligus melantik Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti, Letkol Inf Andar Rudianto Panggabean. Dalam acara yang sama, Mayjen Agus memimpin Alih Kodal satuan yakni, Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY yang sebelumnya berada di jajaran Korem 044/Gapo dan Korem 041/Gamas. Selanjutnya satuan Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY dialihkodalkan ke jajaran Brigif 8/GC.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Sriwu Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan bahwa peresmian, penataan dan pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD ini sudah melalui kajian strategis dan evaluasi yang mendalam. Semuanya dikaji dari berbagai aspek. Diharapkan, dengan adanya satuan baru ini stabilitas pertahanan negara, khususnya di wilayah Kodam II/Sriwijaya bisa terwujud.

"Selain itu, salah satu latar belakang pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti dan Alih Kodal Satuan yaitu dalam rangka mengimbangi perkembangan lingkungan strategis dan mengantisipasi kemungkinan potensi ancaman yang diprediksi akan selalu bergerak secara dinamis serta bervariatif pada masa yang akan datang sesuai tuntutan kemajuan zaman," katanya.

Artikel Asli