Wabup Rudi Hariyansyah Minta Perangkat Daerah di Pesisir Selatan Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Nasional | harianhaluan | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:16
Wabup Rudi Hariyansyah Minta Perangkat Daerah di Pesisir Selatan Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengatakan saat ini Kabupaten Pesisir Selatan dilanda cuaca ekstrem seperti hujan dan badai. Bahkan di beberapa lokasi terjadi banjir seperti di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan.

Terkait kondisi cuaca itu, ia memerintahkan sejumlah perangkat daerah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PSDA, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas PUTR, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak  untuk bersiaga.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Selain itu, dirinya juga memerintahkan seluruh camat dan walinagari untuk aktif membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sekaligus melaporkan bencana yang terjadi di wilayahnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Jangan sampai masyarakat mengeluh akibat keterlambatan kita dalam bertindak ketika wilayah kita dilanda bencana. Kemudian segera laporan jika terjadi bencana di wilayah kerja masing-masing," pintanya, Senin (5/4/2021).

Selanjutnya, ia meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mempersiapkan semua data dan administrasi terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Untuk itu diminta seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk pelaksanaan kegiatan tersebut," katanya.

Rudi menambahkan, keterbukaan informasi publik sangat penting dalam rangka menciptakan pemerintah yang bersih dan akuntabel. Oleh karena itu, seluruh perangkat daerah harus meningkatkan keterbukaan informasi publik tersebut.(*)

Artikel Asli