Kerukunan di Desa Air Talas Contoh Zero Konflik Sumsel Menurut Plh Bupati Muara Enim

Nasional | fornews.co | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:04
Kerukunan di Desa Air Talas Contoh Zero Konflik Sumsel Menurut Plh Bupati Muara Enim

MUARA ENIM, fornews.co –  Plh Bupati Muara Enim, Nasrun Umar mengapresiasi harmonisasi dan toleransi umat beragama, khususnya antara masyarakat Hindu dan Islam di Desa Air Talas, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim.

“Desa Air Talas menjadi representasi dari kondisi nyata pencanangan Sumatera Selatan sebagai daerah “Zero Conflict” atau nol konflik di Indonesia,” ungkapnya saat menghadiri peletakan batu pertama masjid, pagar pura, dan balai gong di desa tersebut, Sabtu (3/4) lalu.

Bupati menyampaikan rasa bangganya dapat berkunjung langsung ke Desa Air Talas yang dinilainya sangat rukun dan harmonis. Dia meyakinkan masyarakat setempat, bahwa Pemkab Muara Enim akan selalu berkomitmen memberikan perhatian dan porsi pembangunan merata, termasuk untuk seluruh rumah ibadah. “Kerukunan umat beragama di Desa Air Talas patut menjadi contoh bagi daerah lain,” cetusnya.

Menurutnya, Kepala Desa Air Talas telah berhasil merangkul warganya yang heterogen untuk mampu bersatu hidup rukun berdampingan, jauh dari konflik dan mewujudkan kondisi desa yang bersih, rapi dan tertata.

Dia berharap keberadaan rumah ibadah pura dan juga masjid yang ada dapat dijaga dan dirawat bersama. Sebab, keberadaan dua rumah ibadah ini, tidak hanya menjadi simbol dari semangat persatuan dan harmonisasi warga Desa Air Talas, melainkan juga seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang.

Sementara itu, Kepala Desa Air Talas menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan dan kesediaan Plh Bupati meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rumah ibadah di desanya. Dirinya menjelaskan, meskipun mayoritas warga Desa Air Talas beragama Hindu Dharma, namun warga selalu hidup rukun dan selalu menjaga hubungan yang baik antarpemeluk agama. (yas)

Artikel Asli