Lengkap! Ini Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjangan Masa Berlaku SIM

Nasional | ayojakarta | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:02
Lengkap! Ini Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjangan Masa Berlaku SIM

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), saat ini tidak harus melakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Polres domisili lagi. Perpanjangan masa berlaku SIM dapat dilakukan di Satpas keliling yang sudah terjadwal atau pun di gerai yang telah disediakan.

Satpas keliling ditujukan untuk masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, khususnya SIM A dan C. Satpas keliling berupa bus atau truk yang menyediakan layanan perpanjangan SIM.

Dengan adanya satpas keliling, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Satpas untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM. Tak hanya itu, masyarakat pun dapat menghindari kerumunan ketika mengantre proses perpanjangan masa berlaku SIM.

Untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, masyarakat harus menyiapkan beberapa persyaratan dan dokumen. Persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan gak ribet loh, hanya membawa KTP asli dan fotokopi, serta SIM lama yang akan habis masa berlakunya.

Bagi pemilik SIM yang melebihi batas waktu masa berlaku SIM, mereka harus membuat SIM baru lagi dengan mekanisme dan biaya pembuatan SIM baru.

Setelah persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap, masyarakat bisa langsung menuju ke Satpas keliling atau gerai SIM yang terdekat dengan domisili.

Berikut cara melakukan perpanjangan masa berlaku SIM:

1. Pemohon datang langsung ke lokasi Satpas keliling atau gerai SIM dan melakukan pendaftaran untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM.

2. Petugas akan memberikan nomor antrian serta formulir untuk diisi oleh pemohon sesuai data diri. Agar proses pengisian data diri lebih cepat, disarankan pemohon membawa alat tulis sendiri.

3. Setelah pengisian data diri selesai, kemudian pemohon menyerahkan kembali formulir tersebut kepada petugas.

4. Pemohon menunggu antrean hingga namanya dipanggil oleh petugas.

5. Kemudian, pemohon akan dipanggil dan diarahkan untuk masuk ke dalam mobil pelayanan, guna mengikuti tes kesehatan.

6. Setelah melakukan tes kesehatan, pemohon melanjutkan ke tahap berikutnya yakni untuk berfoto. Nantinya, foto tersebut diletakan di bagian depan SIM.

Untuk biaya perpanjangan SIM diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Biaya perpanjangan SIM:

- SIM A dan A umum Rp 80.000

- SIM B1 dan B1 umum Rp 80.000

- SIM B2 dan B2 umum Rp 80.000

- SIM C Rp 75.000

- SIM D Rp 30.000

Sementara itu, biaya pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM tentu berbeda. Biaya SIM sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP), yang berlaku di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Biaya penerbitan SIM baru:

- SIM A dan A umum Rp 120.000

- SIM B1 dan B1 umum Rp 120.000

- SIM B2 dan B2 umum Rp 120.000

- SIM C Rp 100.000

- SIM D Rp 50.000

Artikel Asli