Bansos Maret 2021 Telat Dicairkan, Ini Kata Kadinsos Kota Bogor

Nasional | ayobogor | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:55
Bansos Maret 2021 Telat Dicairkan, Ini Kata Kadinsos Kota Bogor

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM - Proses validasi data penerima bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat Kota Bogor, terus dimutakhirkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Teranyar, dari 109 ribu data yang diajukan Pemkot Bogor sebagai penerima Bansos Kemensos, baru 93 persen terverifikasi sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Fahrudin mengatakan, dari 109 ribu data yang diajukan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), baru 93 persen yang sudah terverifikasi oleh Kemensos.

"109 ribu ini terdiri dari 51 ribu PKM penerima bansos pangan, dan 58 ribu PKM penerima bansos tunai. Semuanya sedang diverifikasi, dan ada sekitar 7.600 atau 7 persen lagi yang datanya masih belum terverifikasi," katanya, Senin (5/4).

Fahrudin mengatakan, 7 persen data yang tengah diverifikasi Kemensos tersebut terjadi lantaran adanya perubahan data kependudukan. Seperti pindah alamat, meninggal dan faktor lainnya.

"7 persen ini pada periode Februari kemarin sudah dapat Bansos, tapi belum dapat lagi pada periode yang sekarang, karena ada perubahan data kependudukan tadi, makannya saat ini sedang kembali diverifikasi," ucapnya.

Proses verifikasi tersebut, juga berdampak pada mundurnya jadwal pencairan Bansos pada periode Maret ini. Berdasarkan data yang ada pada pihaknya, dari 51 ribu PKM bansos pangan, 15 ribu diantaranya sudah melakukan pencarian. 

"Kalau yang bansos tunai Rp300 juga sama, untuk Maret ini ada yang sudah bisa dicairkan. Dari 58 ribu PKM, 38 ribu diantaranya sudah bisa dicairkan," tuturnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat, agar tetap tenang atas keterlambatan pencairan tersebut. Karena verifikasi ini dilakukan, agar data penerima bantuan ini lebih baik untuk kedepannya.

"Kita tahu bersama masyarakat sangat menunggu bantuan ini, tapi kan pemerintah juga mungkin tidak ingin salah sasaran, jadi masyarakat harap bersabar," tutupnya

Artikel Asli