Tak Perlu Repot Ngetik, Gunakan Fitur Suara Menjadi Teks di Android

Nasional | ayosemarang | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:47
Tak Perlu Repot Ngetik, Gunakan Fitur Suara Menjadi Teks di Android

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Pengguna Android dapat memanfaatkan fitur suara menjadi teks untuk mengubah apa pun yang diucapkan ke dalam teks ponsel, sehingga tidak perlu repot mengetik menggunakan keyboard.

Fitur ini dapat membantu menghemat waktu untuk mengetik pesan panjang secara manual.

Dilansir dari Android Authority, Senin (5/4/2021), berikut ini cara menggunakan fitur suara menjadi teks di Android:

1. Cara mengaktifkan fitur suara menjadi teks di Android

Umumnya, fitur ini sudah diaktifkan pada perangkat Android. Namun, jika tidak menemukannya, kamu dapat mengaktifkannya secara manual.

Buka aplikasi Google pada ponsel > klik More di kanan bawah > klik Settings.

Setelah berada di menu Settings > klik Voice > Offline Speech Recognition dan pastikan bahasa ibu yang digunakan kamu, telah diunduh.

AYO BACA : Canggih! Fitur Hum to Search Bisa Deteksi Lagu dengan Bergumam

Jika menggunakan perangkat Samsung, fitur ini mungkin didukung oleh input Samsung Voice.

Untuk mengeceknya, buka Settings pada ponsel > Language and Input > On-screen Keyboard > Samsung Voice Input. Setelahnya, kamu dapat mengubah bahasa default untuk keyboard dan masukan suara.

Fitur suara menjadi teks dapat bekerja dengan banyak bahasa yang berbeda. Untuk bahasa tertentu dengan aksen atau lebih banyak karakter alfabet, fitur ini bisa jauh lebih mudah digunakan daripada keyboard.

2. Cara menggunakan fitur suara menjadi teks di Android

Kamu dapat menggunakan fitur ini dengan aplikasi apa pun yang biasa digunakan untuk mengetik.

Untuk mulai menggunakan fitur, ketuk di bidang teks yang memunculkan keyboard ponsel. Setelah keyboard terbuka, kamu akan melihat ikon mikrofon. Klik ikon tersebut untuk memulai fitur suara menjadi teks.

Jika ingin berhenti berbicara sebentar, yang harus dilakukan hanyalah mengetuk mikrofon. Untuk melanjutkan bicara, ketuk ikon mikrofon lagi.

AYO BACA : PTM Dimulai, Politikus Gerindra Harap Tak Ada Kasus Covid-19 di Sekolah

Saat menggunakan fitur ini, hasil teks tidak akan secara otomatis menambahkan tanda baca. Kamu harus mendiktekan tanda baca dengan mengucapkannya.

Setelah selesai berbicara, kamu dapat mengetuk mikrofon untuk berhenti merekam. Jika fitur tersebut mendengar kata yang salah atau kamu ingin mengubah ucapan, maka harus mengubahnya secara manual.

Kamu dapat memberikan perintah suara untuk mengganti satu kata dengan yang lain, tetapi terkadang lebih mudah mengetiknya secara manual untuk mengganti kata yang salah tersebut.

3. Cara meningkatkan fitur suara menjadi teks

Kamu dapat meningkatkan pengalaman dalam menggunakan fitur ini dan membuatnya menjadi lebih andal.

Pastikan kamu berbicara secara perlahan. Jika berbicara terlalu cepat, kemungkinan besar fitur tidak akan menangkap semua yang dikatakan dan kamu harus memulainya lagi dari awal.

Selain itu, bicaralah dengan jelas. Ucapkan kata-kata lebih jelas dari biasanya sehingga fitur akan menuliskan kata yang benar.

Terakhir, pastikan kamu berbicara di lingkungan yang tidak bising karena fitur akan menangkap terlalu banyak suara dan tidak bisa mendeteksi kata apa yang diucapkan.

AYO BACA : Cara Mengubah Google Assistant Jadi Suara Artis

Artikel Asli