Akses Menuju Banjir Bandang Flores Timur Masih Tertutup Longsor

Nasional | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:29
Akses Menuju Banjir Bandang Flores Timur Masih Tertutup Longsor

FLORES TIMURxc2xa0 - Akses menuju kawasan banjir bandang di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih tertutup material longsor maupun banjir bandang, Senin (5/4/2021).

Bupati Flores Timur Anton Hadjon telah meninjau langsung lokasi tersebut. Dia juga melihat para korban meninggal dunia dalam bencana tersebut.

Saat ini sebanyak 66 warga dinyatakan tewas akibat banjir bandang di Flores Timur. Sementara 4 lainnya dilaporkan hilang.

Rumah warga juga dilaporkan masih terendam banjir. Sementara itu, tim SAR gabungan masih berjibaku mencari 4 warga yang dilaporkan masih hilang tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya melakukan penganan bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), secara cepat. Pasalnya, saat ini jumlah korban terus bertambah.

Jajaran yang diperintahkan untuk menangani bencana di dua provinsi tersebut antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi.

Selain itu, perintah juga ditujukan ke Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya perintahkan Kepala BNPB, Basarnas, Mensos, Menkes, Menteri PUPR serta Panglima dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban serta dampak bencana," ucap Jokowi.

Artikel Asli