Bupati KSB Minta Gubernur Evaluasi Pembangunan Smelter

Nasional | lombokpost | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:34
Bupati KSB Minta Gubernur Evaluasi Pembangunan Smelter

TALIWANG-Bupati Sumbawa Barat (KSB) HW. Musyafirin berharap Gubernur NTB H Zulkieflimasyah mengevaluasi rencana pembangunan pabrik smelter. ”Kita memang belum berani teriak-teriak soal ini, karena kendala kita belum tuntas terkait HGB. Tapi paling tidak, untuk smelter ini perlu ada evaluasi,’’ harapnya.

Untuk persoalan HGB, kata dia, tinggal beberapa titik yang belum tuntas. Firin juga sudah berkoordinasi dengan BPN terkait penyelesaian HGB ini.

’’Pekan depan ada rencana evaluasi menyeluruh bersama dengan Pemprov NTB. Kami harap evaluasi itu bisa menghasilkan beberapa perkembangan positif. Termasuk proses HGB harus sudah tuntas,’’ katanya.

Kepala Bappeda NTB H Amry Rakhman menjelaskan, pada 2020, progres pembangunan smelter sedikit mengalami hambatan. Karena itu, pekan depan semua pihak akan kembali bertemu untuk mengevaluasi terkait rencana pembangunan pabrik smelter di KSB. ‘’Ini untuk memantapkan kembali baik dari sisi perencanaan, persiapan dengan lahan dan lain sebagainya. Dan itu terus berproses, termasuk HGB,’’ janjinya.

Saat ini Pemrov NTB tengah membangun komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian. ’’Kita ingin memastikan semua persyaratan bisa dituntaskan. Misalnya, dokumen, dokumen apa yang belum tuntas. Baru kita akan membahas kapan mulai konstruksi dan operasional. Yang jelas investasi untuk smelter ini menelan dana belasan triliun,’’ sebut dia. (far/r8)

Artikel Asli