Mengenal Robot LUF 60, Penjinak Api yang Padamkan Kebakaran Taman Sari

Nasional | ayojakarta | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:32
Mengenal Robot LUF 60, Penjinak Api yang Padamkan Kebakaran Taman Sari

TAMANSARI, AYOJAKARTA.COM - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta untuk memadamkan kebakaran di Apartemen Tamansari Sudirman, Jakarta Selatan, pada Minggu, (4/4/2021) kemarin menerjunkan Robot LUF 60.

Lalu, apa itu Robot LUF 60 dan bagaimana cara kerjanya?

Berdasarkan keterangan di akun Instagram resmi Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan DKI Jakarta, @humasjakfire diketahui kalau Robot LUF 60 memiliki lebar sekitar 135.

Robot ini bisa masuk ke tempat yang tidak bisa dilalui kendaraan pemadam kebakaran, hingga mampu naik-turun tangga dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat.

Unit tersebut mengurangi risiko bahaya bagi para petugas pemadam kebakaran karena robot dioperasikan menggunakan remote kontrol dengan jarak maksimal 300 meter.

Robot LUF 60 diterjunkan untuk menyedot asap kebakaran di basement gedung karena memiliki ventilator fan. Asap dapat dibuang sejauh 99 meter melalui air ducting.

Selain itu Robot LUF 60 dapat menyemprotkan air dalam bentuk water fog, water canon, dan foam dengan jangkauan semprotannya sejauh 70 hingga 80 meter. Keren kan?

Artikel Asli