Di KLU, Vaksinasi Drive Thru Sudah Berjalan

Nasional | lombokpost | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:59
Di KLU, Vaksinasi Drive Thru Sudah Berjalan

TANJUNG-Percepatan vaksniasi Covid-19 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus dilakukan. Terbaru, pemda bersinergi dengan Polres Lotara dengan vaksinasi drive thru. Selain itu, puluhan pelaku wisata perhotelan juga mendapatkan vaksinasi di Hotel Medana Bay Marina, Jumat dan Sabtu (2-3/4).

Vaksinasi drive thru pertama kali dilakukan di halaman Samsat KLU di Jalan Raya Tanjung,Dusun Prawira, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung. Tim Dinas Kesehatan KLU, Polres Lotara, dan petugas batalyon vaksinator Covid-19 dari TNI-Polri diterjunkan.

”Vaksinasi drive thru ini diperuntukkan bagi semua masyarakat KLU tanpa terkecuali,” jelas Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansyah, Sabtu (3/4).

Dia mengatakan, vaksinasi drive thru tersebut merupakan upaya percepatan program vaksinasi nasional. Selain itu, vaksinasi drive thru merupakan inovasi untuk menyukseskan program Kampung Sehat Jilid II di NTB. ”Siapapun yang ingin mendapatkan vaksin boleh di tempat ini,” jelasnya.

Feri membeberkan, vaksinasi drive thru ini mendapatkan respons positif dari warga. Pada hari pertama, sudah divaksin 35 dari 37 orang yang hadir. Dua orang lainnya gagal divaksin karena memiliki riwayat penyakit bawaan.

”Mereka mempunyai riwayat darah tinggi, dan setelah dicek pun kondisinya tidak memungkinkan untuk divaksin,” terang dia.

Pada Kampung Sehat Jilid II, vaksinasi drive thru ini menjadi salah satu langkah mencapai target program tersebut di KLU. Selain meningkatkan keamanan dan ketahanan pangan, Kampung Sehat Jilid II juga bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan KLU H lalu Bahrudin membenarkan jika vaksinasi untuk warga sudah mulai dilakukan melalui sistem drive thru. Tahapan proses vaksinasi drive thru tak berbeda dengan vaksinasi-vaksinasi sebelumnya. Sebelum vaksinasi, mereka menjalani screening untuk memastikan kesiapan menerima vaksin. Ketika lolos, diberikan vaksin dosis pertama.

”Mereka akan divaksin dosis kedua 14 hari mendatang,” ujar dia.

Mantan direktur RSUD KLU itu juga menjelaskan, vaksinasi pelaku wisata juga masih berjalan. Tercatat 65 pelaku wisata perhotelan di KLU  mendapatkan vaksin Covid-19. ”Ini upaya kita untuk percepatan vaksinasi nasional untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19,” pungkas dia. (fer/r9)

Artikel Asli