Ramadan 2021, Remaja Masjid Sekayu Gelar Tadarus Keliling

Nasional | ayosemarang | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:47
Ramadan 2021, Remaja Masjid Sekayu Gelar Tadarus Keliling

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Masjid Taqwa Sekayu merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Tengah. Masjid yang terletak di belakang Paragon Mall Semarang ini, bersiap menggelar sejumlah kegiatan di bulan suci Ramadan 2021.

Ketua takmir masjid, Achmad Arief mengatakan, selama Ramadan nanti rencananya sejumlah kegiatan akan dilaksanakan seperti Salat Tarawih, membaca Asmaul Husna, Tadarus Al-qur'an, buka bersama, dan banyak lainnya

Tentunya Penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan oleh masjid ini, ujarnya kepada Ayosemarang.com saat ditemui, Senin (5/4/2021).

Achmad menambahkan, kegiatan agenda tahunan masjid Taqwa Sekayu ini adalah kirab menjelang ramadan yang tetap akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Masjid Taqwa Sekayu juga memiliki agenda khusus selama bulan ramadan dijalankan oleh remaja masjid.

Jadi setiap setelah tarawih, remaja masjid keliling untuk tadarus ke rumah warga satu persatu, walaupun ada juga yang tadarus di masjid karena terbatas, imbuhnya.

Selain kegiatan selama ramadan, acara rutin yang sampai saat ini masih dilaksanakan salah satunya seperti Jumat malam pengajian bapak-bapak organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah keliling ke rumah warga. 

Kebetulan kami sebagai ketua takmir memanfaatkan masjid untuk satu bulan sekali mereka bergabung bersama dari Aisyiyah, Muhammdiyah, muslimad Nahdlatul Ulama mengaji bersama setiap akhir bulan minggu terakhir di sore hari, katanya.

Selain kegiatan di masjid, kegiatan jogo tonggo juga dilakukan oleh warga sekitar masjid selama pandemi untuk warga yang tidak mampu. 

Kegiatan ini dilakukan setiap hari per RT dengan menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga yang kurang mampu. Seperti sembako yang berisi 3 macam dari telur, sayuran, beras dan lainnya, ungkapnya. (Umi Miftahul)

Artikel Asli