5 Cara Merawat Kulit di Sekitar Mata

Nasional | urbanasia.com | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:20
5 Cara Merawat Kulit di Sekitar Mata

Jakarta - Merawat kulit wajah agar tetap halus, lembut, dan awet muda, tak lepas juga dari perawatan kulit di sekitar mata. Kulit di sekitar mata biasanya sangat halus dan lembut, juga lebih tipis dibandingkan area lain pada wajah. Karena itu, kulit di area mata perlu perhatian khusus.

Tanpa perawatan yang rutin, kulit sekitar mata rentan menjadi kusam, menghitam, dan muncul kerutan serta garis halus. Tentunya, hal ini akan mengganggu penampilan kamu, kan?

Baca Juga: Tips Merias Mata buat Pemula

Nah, mumpung masih muda, yuk rawat kulit sekitar mata agar tetap sehat, halus, dan elastis. Berikut beberapa hal yang direkomendasikan Urbanasia seperti dilansir dari Healthline.

1. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Sumber: Ilustrasi mengucek mata (Freepik/Freepik)

Saat gatal, terpapar debu, atau mengantuk, kita sering melakukan gerakan refleks dengan mengucek area mata. Kebiasaan ini kurang baik untuk kulit di sekitar mata, guys.

Baca Juga: Rekomendasi Produk-produk Mata untuk Riasan Mata Natural

Ketimbang menguceknya, lebih baik kamu mencuci muka, memejamkan mata sejenak, atau menyeka mata dengan air hangat dan kapas. Jika mata mengalami iritasi atau gatal, gunakan tetes mata untuk mengatasi rasa gatalnya.

2. Rutin Pakai Eye Cream

Sumber: ilustrasi makeup mata lebar (Freepik/valuavitaly)

Eye cream adalah salah satu rangkaian skincare yang pantang dilewatkan. Formula dalam eye cream dirancang khusus untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit di sekitar mata kamu. Gunakan eye cream pada malam hari, atau saat area sekitar mata terlihat kering dan butuh kelembapan.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Stretch Mark Secara Alami

3. Jaga Pola Tidur

Sumber: Ilustrasi sulit tudur (pixabay/ Ivan Samkov)

Tidur yang berkualitas dan teratur, bakal menjauhkan kamu dari mata panda, kuyu, dan tak cemerlang. Karena itu, jagalah pola tidur kamu pada waktu yang disarankan. Hindari begadang dan mengonsumsi makanan atau minuman yang bakal bikin kamu sulit tidur.

4. Jauhi Asap Rokok

Sumber: Ilustrasi berhenti merokok. (Freepik/nensuria)

Asap rokok adalah salah satu bahan kimia yang paling mudah membuat kerutan di kulit, terutama wajah. Asap rokok akan merusak kolagen dan elastin, yang bertugas menjaga kulit kamu tetap lembut, kenyal, dan awet muda.

Baca Juga: 5 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Kebiasaan merokok dan terpapar asap rokok, juga akan menghambat sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga wajah akan tampak kusam.

5. Segarkan dengan Teh

Sumber: Ilustrasi kompres teh hijau (Freepik)

Cara klasik ini sangat ampuh untuk mengembalikan kesegaran area sekitar mata. Setelah kamu menyeduh teh celup, manfaatkan kantong tehnya untuk mengompres mata.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Mawar untuk Perawatan Kulit Wajah

Pilih jenis teh hijau yang banyak mengandung antioksidan. Berbaringlah sejenak lalu letakkan kantong teh di kedua mata selama 10 menit. Mata kamu akan kembali cerah, segar, dan bebas dari ‘mata panda’.

Artikel Asli