Padi di Lahan Kering, Solsel Kembangkan Beras Merah dan Hitam Asal Sangir

Nasional | harianhaluan | Published at Senin, 05 April 2021 - 09:44
Padi di Lahan Kering, Solsel Kembangkan Beras Merah dan Hitam Asal Sangir

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tengah mengembangkan bibit padi lahan kering (Gogo) jenis beras merah dan beras hitam yang berasal dari varietas benih lokal jorong Tandai Kecamatan Sangir. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Solsel, Nurhamidah pada Harianhaluan.com, Senin (5/4/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

"Ada dua varietas benih lokal yang dalam tahap pemurnian dan bakal menjadi bibit bersertifikat nasional setelah kita daftarkan nantinya.  Benih ini merupakan jenis padi Gogo beras merah dan beras hitam," kata Nurhamidah.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dia mengatakan, dua varietas lokal jenis padi Gogo itu adalah benih Guliang tandai merah dan Guliang tandai hitam. 

"Alhamdulillah, setelah dilakukan penelitian di Balai Benih Induk Solsel hasil panen pertama cukup memuaskan dengan hasil panen sekitar 4 ton. Kita sudah mulai mengembangkan sejak 2019 dan sekarang masuk tahap penelitian dan pemurnian bibit," ujarnya.

Padi Gogo katanya, mirip dengan sawah tadah hujan yang ditanam diareal tanah kering. Bibit ditanam bukan disemai. Sedangkan untuk perawatan dan pupuk cenderung sama dengan padi lahan basah.

"Massa panen sekitar lima bulan. Saat ini sudah dalam tahap pemurnian dengan usia 1,5 bulan, luas 100 meter persegi. Di Solsel jenis Gogo banyak ditanam di jorong Tandai Kecamatan Sangir dan telah berkembang dengan luas areal sekitar 100 hektare," katanya.

Pihaknya mengaku harga jual beras merah dan beras hitam di pasaran cukup tinggi, mencapai harga kisaran Rp22 ribu - Rp25 ribu per-kilogram. "Nanti setelah pemurnian ini, Solsel bisa melepas atau menjual bibit berlabel bersertifikat ke seluruh daerah di Sumbar. Tentunya, hak paten ada di Solsel," tutupnya. (*)

Artikel Asli