Pemko Padang Hadirkan Agenda Baru di Ramadan 1442 H, Warga Menginap di Rumah Dinas Walikota

Nasional | harianhaluan | Published at Senin, 05 April 2021 - 09:38
Pemko Padang Hadirkan Agenda Baru di Ramadan 1442 H, Warga Menginap di Rumah Dinas Walikota

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski Ramadan 1442 H masih dilaksanakan saat pandemi Covid-19, namun masyarakat sudah diperbolehkan melaksanakan tarawih di masjid dan musala. Hal itu tertuang dalam Surat dengan Nomor 451.229/Kesra-2021 menginstruksikan pada camat dan lurah se-Kota Padang bahwa masyarakat boleh melaksanakan ibadah tarawih di masjid atau musala.

Pada surat tersebut, Hendri Septa menerangkan masyarakat boleh melakukab kegiatan ibadah pada bulan puasa dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dikeluarkan pada tanggal 1 April 2021, terdapat tujuh poin yang dituliskan di sana dalam rangka mengambut bulan Ramadan 2021.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan masjid atau musala wajib menyiapkan sarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan handsanitizer bagi jamaah. Di Ramadan tahun ini pihaknya juga akan menyiapkan beberapa agenda untuk menyemarakkan Ramadan 1422 H.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Kegiatan dimaksud antara lain Safari Ramadan, Subuh Mubaraqah, menjadi bagian dari kunjungan Tim Safari Ramadan Provinsi Sumbar dan modifikasi kegiatan Singgah Sahur, yaitu Semalam di Palanta," jelas Hendri, Senin (5/4/2021).

Ia menerangkan, terdapat 66 rumah ibadah yang terdiri dari 33 masjid dan 33 musala yang akan dikunjungi selama bulan Ramadan nanti. Keseluruhan rumah ibadah yang akan menyelenggarakan salat tarawih nanti juga harus menerapkan prokes dengan baik.

Selanjutnya, Semalam di Palanta juga akan menjadi nuansa baru di Ramadan kali ini. Hendri mengungkapkan, kegiatan itu hampir sama dengan Singgah Sahur. Namun, bedanya dari segi pengemasan.

"Jika pada Singgah Sahur Wali Kota mengunjungi rumah warga yang menjadi sasaran bedah rumah. Pada kegiatan Semalam di Palanta warga sasaran lah yang menginap di Rumah Dinas Wali Kota. Mulai dari berbuka hingga sahur bersama," jelasnya.(*)

Artikel Asli