Vaksinasi Guru di DIY akan Dimulai 6 April

Nasional | republika | Published at Senin, 05 April 2021 - 09:03
Vaksinasi Guru di DIY akan Dimulai 6 April

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kembali mengelar vaksinasi Covid-19 secara massal mulai 6 April 2021. Guru hingga lansia menjadi sasaran dalam program vaksinasi kali ini.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, ditargetkan 4.000 guru yang akan divaksin. Sementara, untuk lansia ditargetkan 1.000 orang yang akan divaksin, karena pada pelaksanan vaksinasi massal sebelumnya juga sudah menyasar beberapa lansia. "Direncanakan akan vaksinasi pada 6 hingga 9 April," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sabtu (3/4).

Sultan menjelaskan, sasaran lansia yang divaksinasi di DIY mencapai 295.349 orang. Namun, baru ada 11,66 persen lansia yang sudah divaksinasi untuk suntikan pertama atau 34.437 lansia. "0,32 persen (lansia sudah) tervaksinasi (untuk suntikan) dosis kedua," ujarnya.

Pada tahap vaksinasi massal ini nantinya, pelaku ekonomi dan pariwisata juga menjadi sasaran. "Nah, yang kita sedang siapkan pekan depan (vaksinasi) untuk guru, kemudian pelaku pariwisata, UMKM dan lansia. Kita intinya mau membantu percepatan (program vaksinasi)," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaningastutie.

Pembayun menjelaskan, untuk vaksinasi terhadap guru utamanya diprioritaskan bagi sekolah milik Pemda DIY. "Untuk jumlah lansia, guru dan pelaku (ekonomi dan) pariwisata sendiri totalnya 10-12 ribu orang (yang akan divaksin)," ujarnya.

Artikel Asli