Airin Berharap Tol Pamulang-Serpong Tingkatkan Ekonomi Daerah

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Senin, 05 April 2021 - 06:40
Airin Berharap Tol Pamulang-Serpong Tingkatkan Ekonomi Daerah

TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany berharap keberadaan tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciranmampu meningkatkan kelancaran lalu lintas dan pertumbuhan ekonomi bagi daerah.

"Saya berharap dengan diresmikannyaFol Serpong-CinereSeksi 1 ruas Sepong-Pamulang dapat mengurai kemacetan di jalan nasional khususnya Jalan Martadinata dan sekitarnya," kata Wali Kota Airin, di Tangsel, Minggu (4/4)

Ia menuturkan keberadaan ruas tol Serpong-Pamulang merupakan bagian dari "Jakarta Outer Ring Road" (JORR) II yang terkoneksi di kawasan metropolitan Jabodetabek dan bisa meningkatkan pertumbuhan di wilayah Kota Tangsel.

Keberadaan tol Serpong-Cinere akan menjadi salah satu alternatif akses warga Pamulang dari dan menuju ke BSD. Di samping itu, kedua jalan tol tersebut juga akan menjadi salah satu alternatif akses dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta. "Dengan begitu, harapannya meningkatkan perekonomian kota Tangerang Selatan," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah yang difasilitasi Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II dapat menarik investasi sebanyak-banyaknya untuk membuka kegiatan-kegiatan baru perekonomian.

"Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrastuktur ini sebagai keunggulan dan modal penting untuk menarik investasi lebih banyak, agar lebih banyak usaha-usaha baru," kata Presiden Jokowi.

Presiden pada Kamis ini meresmikan dua ruas tol JORR II yakni ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang. Turut hadir dalam peresmian itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan para kepala daerah seperti Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Presiden menginginkan lahirnya usaha-usaha baru dengan hadirnya infrastruktur tol. Usaha atau kegiatan baru perekonomian dibutuhkan untuk menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

Ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 km, sedangkan ruas Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 10,1 kilometer.

Dengan terbangunnya dua ruas tol di kota penyangga DKI Jakarta ini, maka akan melengkapi struktur jaringan di kawasan metropolitan Jabodetabek, dan melancarkan mobilitas masyarakat.

Artikel Asli